Wednesday, July 16, 2014

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha

By
Terdapat beberapa Faktor yang Mempengaruhi Intensi (Niat) Berwirausaha seseorang. Banyak penelitian yang dilakukan terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi intensi (niat) berwirausaha ini.

Rasli, Khan, Malekifar, dan Jabeen (2013) menyatakan dalam hasil penelitiannya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi intensi (niat) berwirausaha, bahwa intensi (niat) berwirausaha dipengaruhi oleh citra kewirausahaan, lingkungan pendidikan dan keyakinan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Tong, Tong dan Loy (2011) dengan hasil entrepreneurial intention was predicted by the need for achievement, family business background, and subjective norms except the desire for independence.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Fini, Grimaldi, Marzocchi, dan Sobrero (2009) ditemukan hasil bahwa entrepreneurial intention is influenced by psychological characteristics, by individual skills and by environmental influences.

Penelitian lain dilakukan di dalam negeri yaitu oleh Lieli Suharti dan Hani Sirine (2011) dengan hasil bahwa intensi (niat) berwirausaha dipengaruhi oleh  faktor-faktor sikap dan faktor-faktor kontekstual. Faktor-faktor sikap terdiri dari faktor otonomi dan otoritas, realisasi diri, keyakinan, dan jaminan keamanan, sedangkan faktor-faktor kontekstual terdiri dari dukungan akademik dan dukungan sosial.

Caecilia Vemmy Susanti (2012) membagi faktor-faktor yang mempengaruhi intensi (niat) berwirausaha seseorang ke dalam tiga variabel yaitu: sikap (attitude), norma subjektif (subjective norm) dan kontrol perilaku (perceived behavioral control).

Dalam penelitian Caecilia Vemmy Susanti (2012) tersebut di atas, sikap terdiri dari kebutuhan akan prestasi, kreatifitas, kemandirian, keberanian mengambil resiko, dan toleransi keambiguan, sedangkan norma subjektif adalah dukungan orang tua dan kontrol perilaku adalah self efficacy.

Kristiansen dan Nurul Indarti (2004) menyatakan bahwa hasil penelitiannya the individual perceptions of self-efficacy dan instrumental readiness adalah variabel yang mempengaruhi intensi (niat) kewirausahaan siswa, sedangkan usia, jenis kelamin dan latar belakang pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi (niat) kewirausahaan.

Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang di atas, dapat disimpulkan bahwa secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi intensi (niat) berwirausaha seseorang dapat dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu internal dan eksternal.

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang, seperti keyakinan (termasuk self efficacy), kebutuhan akan prestasi, kreatifitas, kemandirian, dan keberanian mengambil resiko. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar seperti norma subjektif (termasuk dukungan orang tua), lingkungan sosial dan lingkungan pendidikan (termasuk dukungan akademik).

Sumber:
Budi Wahyono. 2013. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Pedan Tahun 2013. Tesis. PPs UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment