Sunday, April 5, 2015

Jenis dan Fungsi Bahan Ajar

By
Pada artikel yang telah lalu, kita membahas tentang pengertian dan karakteristik bahan ajar. Artikel kali ini akan membahas kelanjutan dari pengertian dan karakteristik bahan ajar tersebut, yaitu tentang jenis dan fungsi bahan ajar.

Langsung saja, mari kita bahas satu per satu:

Jenis-jenis Bahan Ajar
Menurut Lestari (2013: 5-6), bahan ajar dibedakan menjadi 2 (dua) berdasarkan jenisnya, yaitu bahan ajar cetak (berupa handout, modul, brosur, lembar kerja siswa/worksheet) dan non cetak (meliputi bahan ajar dengar (audio) berupa piringan hitam, kaset, radio, compact disc audio), bahan ajar pandang-dengar (audio visual) berupa video compact disc dan film, bahan ajar multimedia interaktif berupa CAI (Computer Assisted Instruction), Compact Disk (CD) Multimedia dan bahan ajar berbasis web).


Fungsi Bahan Ajar
Menurut Lestari (2013: 7), bahan ajar berfungsi sebagai alat evaluasi pencapaian hasil belajar. Selain itu bahan ajar juga mempunyai fungsi khusus bagi guru maupun siswa. Bagi guru bahan ajar berfungsi sebagai panduan yang mengarahkan proses pembelajarannya beserta kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa. Bagi siswa bahan ajar berfungsi sebagai panduan dalam proses pembelajarannya beserta kompetensi yang seharusnya dipelajari.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

2 comments:

  1. kalo pengertian dari jenis-jenis bahan ajar tersebut ada g ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara kami belum mempunyai artikel tersebut Pak

      Delete