Wednesday, April 8, 2015

Pengertian Hasil Belajar dan Perbedaan Hasil Belajar dengan Prestasi Belajar

By
Pengertian Hasil Belajar
Menurut Sudjana (2008: 22) “hasil belajar adalah kemampuan–kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”.

Menurut Howard Kingsley, hasil belajar dibedakan dalam 3 kelompok, yaitu (1) keterampilan dan kebiasaan; (2) pengetahuan dan pengertian serta (3) sikap dan cita-cita. (dalam Sudjana, 2008: 22).

Menurut Sardiman (2007: 51), “hasil belajar adalah hasil langsung berupa tingkah laku siswa setelah melalui proses belajar-mengajar yang sesuai dengan materi yang dipelajarinya”. Sehingga hasil belajar dapat ditafsirkan sebagai output dari proses belajar-mengajar.

Menurut Slameto (2003: 54-71), output tersebut dipengaruhi oleh faktor jasmaniah, psikologis dan kelelahan yang dikelompokkan sebagai faktor intern. Sedangkan kelompok faktor ekstern-nya meliputi faktor keluarga, sekolah dan masyarakat.

Berdasarkan pengertian tentang hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tidak hanya berupa sesuatu yang dapat diukur secara kuantitatif saja melainkan juga secara kualitatif terkait dengan perubahan peserta didik dari yang belum bisa menjadi bisa, sehingga penilaiannya bisa menggunakan tes maupun non tes.

Penilaian berupa tes maupun non tes tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa ditinjau dari ranah afektif, kognitif maupun psikomotorik.


Hasil belajar dan prestasi belajar termasuk dalam kategori variabel yang sering digunakan dalam sebuah penelitian, khususnya skripsi bagi mahasiswa S-1. Banyak mahasiswa S-1 yang menggunakan variabel hasil belajar atau prestasi belajar untuk variabel terikat (dependen).

Dua istilah tersebut pun seringkali disamakan, hasil belajar adalah prestasi belajar begitupun sebaliknya. Lalu, benarkah kalau hasil belajar itu sama dengan prestasi belajar??

Untuk menjawab pertanyaan ini mari kita lihat kembali pengertian dari dua istilah tersebut:
Menurut Sudjana (2008: 22) “hasil belajar adalah kemampuan–kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”.

Sedangkan untuk prestasi belajar, menurut Muhibbin Syah (2008: 91) adalah “taraf keberhasilan murid dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu”.

Berdasarkan pengertian di atas, bisa diketahui bahwa hasil belajar mempunyai cakupan makna yang lebih luas dari prestasi belajar. Prestasi belajar seringkali dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai yang diketahui setelah dilakukan pengukuran dengan tes. Sedangkan hasil belajar tidak hanya dilihat dari nilai atau skor saja, melainkan mencakup penilaian secara kualitatif (sikap, tingkah laku, karakter, dsb).

Sehingga menurut saya, apabila ada mahasiswa yag menggunakan variabel hasil belajar, tetapi data yang diambil hanya data nilai raport (dalam bentuk angka/kuantitatif saja), saya kira belum bisa mewakili hasil belajar. Terlebih lagi apabila data yang digunakan hanya data nilai ulangan harian, jelas belum bisa mewakili, karena nilai ulangan harian bukan merupakan nilai akhir.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. mau tanya, ini diaksesnya tanggal brp ya, sy mw buat daftar pustaka

    ReplyDelete