Sunday, April 19, 2015

Perbedaan antara Penelitian Pasar dan Penelitian Pemasaran

By
Penelitian Pasar (market research) berkaitan dengan penelitian-penelitian khusus tentang pasar. Sedangkan Penelitian Pemasaran (marketing research) berkaitan dengan penelitian ke dalam proses pemasaran.

Pembahasan di sini lebih menekankan pada penelitian pemasaran, yang telah didefinisikan oleh American Marketing Association sebagai suatu kegiatan pengumpulan, pencatatan, dan analisis tersistematis data tentang permasalahan yang berkaitan dengan pemasaran barang atau jasa.

Setiap kata dalam definisi tersebut sangat penting. Prosesnya harus sistematis, karena perlu adanya interaksi terstruktur di antara orang, mesin, dan prosedur yang didesain untuk menciptakan aliran yang rapih dari informasi-informasi yang berkaitan yang dikumpulkan dari sumber-sumber baik dalam maupun luar perusahaan untuk digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan dalam bidang tanggung jawab tertentu dari manajemen perusahaan.

Datanya sendiri (seperti gambar, angka, kata-kata, dan suara) tidak akan banyak gunanya kalau mereka tidak dikombinasikan serta diarahkan untuk menjadi suatu informasi. Tanpa adanya tujuan, yaitu untuk memecahkan suatu permasalahan pemasaran, informasi juga tidak akan banyak gunanya.

Satu dari permasalahan paling penting yang dihadapi manajemen saat ini adalah berlebihnya data dan informasi, bukannya kekurangan. Hal ini membawa kita pada definisi dari intelijen, yaitu informasi yang dapat dikonsumsi dan digunakan manajemen untuk mengubah ketidakpastian menjadi risiko.


Ketidakpastian (uncertainty) muncul ketika ada beberapa hasil yang kemungkinan kemunculannya hampir sama. Jika suatu kemungkinan dapat ditetapkan pada suatu hasil tertentu, maka sebenarnya kita berbicara tentang risiko, yang merupakan suatu ketidakpastian yang dikuantifikasi.

Seorang manajer pemasaran dapat merasakan, misalnya, bahwa suatu produk baru memiliki 90 persen kemungkinan untuk mendapatkan 30 persen pangsa pasar dalam tahun pertama. Kemampuan untuk membuat keputusan yang berhasil semakin diperkuat jika seseorang beroperasi dalam kondisi risiko ketimbang kondisi ketidakpastian.

Pengubahan dari ketidakpastian menjadi risiko dan peminimalan risiko (minization of risk) adalah bagian dari tugas menajemen pemasaran yang paling penting. Dalam proses ini peran penelitian pemasaran sangat penting.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment