Thursday, April 30, 2015

Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Menentukan Lokasi Kantor

By
Lokasi kantor merupakan salah satu faktor yang penting bagi kelancaran jalannya office work dan office duties. Prajudi Atmosudirdjo dalam suatu karyanya menyatakan, bahwa faktor-faktor yang perlu diperhatikan di dalam memilih tempat atau menemukan lokasi kantor antara lain:

1. Faktor Lingkungan Tetangga
Hal ini sangat penting oleh karena setiap organisasi harus bekerja sama dengan organisasi-organisasi lain yang bersamaan atau kesesuaian kepentingan. Banyak orang memilih tempat di lingkungan yang bersamaan businessnya, namun hal itu tidak selalu menguntungkan. Bahkan mungkin persaingannya begitu hebat sehingga menjadi rusak suasananya, sebab pegawai merasa kurang tenteram, tenang dan lain sebagainya. Akan tetapi bagaimanapun juga, suatu lingkungan yang cocok selalu menguntungkan pekerjaan.

2. Faktor Jarak Kantor dengan Bagian-bagian Lain
Menurut keadaan yang riil. Tidak selalu mungkin bagi suatu organisasi untuk menempati suatu blok perumahan yang berdekatan dan menguntungkan. Di mana harus diletakkan kantor Direksi, Kantor Pusat Penjualan, Pabrik, Pusat Pameran Hasil Produksi, dan Gudang, tidak selalu dapat dijawab dengan memuaskan.

Keputusan mengenai hal itu tidak bisa diserahkan kepada Direksi saja, namun harus diadakan,"Movement and Transportation Studies" terlebih dahulu yang agak intensif, garis-gais, dan frekuensi komunikasi harus diselidiki, sehingga setelah dianalisa dengan sebaik-baiknya barulah dapat diambil keputusan menurut keadaan yang riil. Jika kalau diserahkan kepada Direksi saja, mungkin direksi hanya akan memilih tempat yang enak bagi dirinya, akan tetapi tidak melihat keseluruhannya.
Kantor Google via inet.detik.com
3. Faktor Harga atau Sewa Ruangan
Antara keuntungan lokasi yang dapat diperoleh dan biaya (sewa harga beli) untuk   memperoleh tempat itu harus diperhitungkan dengan baik. Mungkin tempat yang secara teoretis kurang baik letaknya, akan tetapi lebih murah, pada akhirnya toh akan lebih menguntungkan. Oleh sebab bagai-manapun biaya tetapnya atau biaya overheadnya dapat ditekan, dan hal ini memberikan peluang untuk persaingan harga yang lebih besar.

Kadang-kadang, ruangan yang tinggi sewanya oleh karena letaknya first class, dalam praktek jatuhnya lebih mahal lagi. Misalnya, perusahaan yang memilih tempat di salah satu business building yang  mewah di Jalan Thamrin, Jakarta melainkan harus membayar sewa yang tinggi juga akan dikira atau dicap sebagai perusahaan yang hebat sehingga kebanjiran permintaan sokongan atau pajak partikuler.

4. Faktor Jarak dengan Labour Market
Faktor ini penting juga, oleh karena pegawai yang rumahnya dekat tidak akan meminta penghasilan yang tinggi dibandingkan dengan mereka yang harus naik bus lebih dai 10 kilometer. Jadi penting sekali memilih lokasi di mana pegawai tata usaha yang cakap, berpengalaman, dan baik dapat diperoleh dengan murah.

5. Faktor Jalan keIuar-masuk Pegawai
Juga sering kali merupakan hal yang perlu diperhatikan. Tidak jarang timbul percekcokan  bilamana   para  pegawai harus melalui gang atau pintu yang sama dengan pegawai-pegawai perusahaan/organisasi lain.

6. Faktor Keamanan
Faktor ini sangat penting bagi kantor yang banyak mempergunakan mesin-mesin kantor yang mahal dan kecil sehingga mudah dicuri. Kantor yang letaknya di lingkungan yang kurang aman, dengan sendirinya terpaksa harus mngeluarkan biaya ekstra untuk penjagaan keamanan.

Sumber:
Dr. Hery Sawiji, M.Pd. dalam bukunya “Manajemen Perkantoran”
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment