Tuesday, March 11, 2014

Pengertian dan Karakteristik Bahan Ajar

By
Pengertian Bahan Ajar
Menurut National Centre for Competency Based Training (2007), bahan ajar adalah seperangkat bahan tertulis maupun tidak tertulis yang digunakan oleh guru atau instruktur untuk melangsungkan proses pembelajaran di kelas (dalam Prastowo, 2012: 16).

Menurut Widodo dan Jasmadi, bahan ajar meruupakan seperangkat sarana yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan dan penilaiannya yang dirancang secara sistematis dan menarik dalam mencapai ketuntasan kompetensi dalam pembelajaran (dalam Lestari, 2012: 1).

Menurut Lestari (2012: 2), bahan ajar adalah seperangkat materi pelajaran yang mengacu pada kurikulum yang digunakan dalam rangka mencapai standart kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan.

Berdasarkan pengertian bahan ajar tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar dapat diistilahkan perangkat mengajar adalah seperangkat bahan yang  digunakan pengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai standart kompetensi dan kompetensi dasar yang ditentukan.

Karakteristik Bahan Ajar
Menururt Widodo dan Jasmadi (dalam Lestari, 2013: 2), bahan ajar memiliki 5 (lima) karakteristik yaitu: 
  1. Self instructional, bahan ajar yang dirancang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa di dalam proses pembelajaran; 
  2. Self contained, bahan ajar yang tersaji untuk dipelajari siswa berisi seluruh materi pelajaran dalam satu unit kompetensi dan sub kompetensi; 
  3. Stand alone, bahan ajar tersebut tidak bergantung dengan bahan ajar lain; 
  4. Adaptive, dapat beradaptasi dengan teknologi mutakhir; 
  5. User friendly, memudahkan pengguna dan memberi kesan bersahabat baik secara tampilan maupun fungsi dalam penggunaannya.
Referensi: 
  • Lestari, Ika. 2013. Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata. 
  • Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. Tulisan diatas sangat menarik, saya juga memiliki tulisan serupa mengenai modul interaktif pembelajaran Bahasa Indoenesia, kunjungi balik ya di Modul Interaktif Pembelajaran Bahasa Indonesia Terimakasih.

    ReplyDelete