Thursday, July 18, 2013

Kelebihan Student Team-Achievement Divisions (STAD)

By
Dalam Student Team-Achievement Divisions (STAD), siswa dibagi dalam tim belajar yang terdiri atas empat anggota yang merupakan campuran dari berbagai level akademis, jenis kelamin, dan etnis (Slavin, 2008: 285). Menurut  Slavin (2008) kelebihan STAD ditinjau dari enam faktor:

Tujuan pendidikan STAD
Tujuan pendidikan STAD adalah meningkatkan pengetahuan umum dan keterampilan dasar siswa. Tujuannya dapat dideskripsikan sebagai berorientasi produk dan dihitung dengan tes kemampuan standar.

Hakekat belajar
Dalam hal belajar, STAD menitikberatkan pada penguasaan materi meskipun juga sering melibatkan belajar keterampilan interpersonal.

Sifat kerjasama
Di dalam kelompok, STAD menekankan struktur tutorial teman sebaya. Semua siswa saling membantu. STAD memberikan suasana netral dalam bekerjasama antar kelompok. 

Peran siswa dan proses komunikasinya
Semua metode belajar kooperatif menuntun siswa untuk mendapatkan pengalaman peran yang berbeda dibandingkan dengan metode tradisional. Pada kelas tradisional, siswa biasanya berperan sebagai penerima informasi yang pasif, sedangkan pada aktivitas kooperatif siswa mengalami pengembangan peran. Pengembangan ini berdampak pada perkembangan siswa.

Peran guru
Peran guru dalam aktivitas kooperatif juga berubah. Dalam STAD guru dapat bekerja dengan siswa secara individual atau mungkin kelompok.


Evaluasi
Sumber evaluasi pada STAD adalah guru. Guru menilai performa individu dalam turnamen, kuis atau tes.

Sumber:
Slavin, Robert. E. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Terjemahan Lita. Bandung: Nusa Media.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment