Wednesday, July 24, 2013

Interaksi Sosial

By
Dalam Kamus Bahasa Indonesia interaksi didefinisikan sebagai hal saling melakukan aksi, berhubungan atau saling mempengaruhi.

Dengan demikian interaksi sosial adalah hubungan timbal balik berupa aksi saling mempengaruhi antara individu dengan individu, antara individu dan kelompok dan antara kelompok dengan kelompok dalam kehidupan sosial.

Menurut Bonner (dalam Mohammad Ali dan Mohammad Ansori, 2010: 87), interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara dua orang atau lebih individu, dimana kelakuan individu mempengaruhi, mengubah atau mempengaruhi individu lain atau sebaliknya.

Menurut Sardiman A.M. (2011 : 1 )”Pada dasarnya manusia adalah sebagai makhluk individu dan makhluk sosial”. Sebagai makhluk sosial berarti tidak dapat terlepas dari individu yang lain, akan selalu hidup bersama. Hidup bersama akan berlangsung dalam berbagai bentuk komunikasi dan situasi dan terjadi interaksi.

Interaksi terjadi antara manusia dengan manusia lainnya, manusia dengan lingkungannya atau manusia dengan penciptanya. Dari berbagai bentuk interaksi, khususnya mengenai interaksi yang disengaja, ada istilah interaksi edukatif. Interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran.

Oleh karena itu, interaksi edukatif perlu dibedakan dari bentuk interaksi yang lain. Dalam arti yang lebih spesifik pada bidang pengajaran, dikenal adanya istilah interaksi belajar-mengajar. Dengan kata lain, apa yang dinamakan interaksi edukatif, secara khusus adalah sebagai interaksi belajar-mengajar.

Interaksi belajar mengajar mengandung suatu arti adanya kegiatan interaksi dari tenaga pengajar yang melaksanakan tugas mengajar disatu fihak, dengan warga belajar (siswa,anak didik/subyek belajar) yang sedang melaksanakan kegiatan belajar difihak lain”.

Hubungan sosial individu berkembang karena adanya dorongan rasa ingin tahu terhadap segala sesuatu yang ada di dunia sekitarnya. Dalam perkembangannya, setiap individu ingin tahu bagaimanakah cara melakukan hubungan secara baik dan aman dengan dunia sekitarnya, baik yang bersifat fisik maupun sosial.

Hubungan sosial diartikan sebagai “cara-cara individu bereaksi terhadap orang-orang di sekitarnya dan bagaimana pengaruh hubungan itu terhadap dirinya” (Mohammad Ali dan Mohammad Ansori, 2010: 85).

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak- pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan ingin direalisasikan.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment