Sunday, May 18, 2014

Suasana Kantor

By
Moekijat (1982: 2) dalam suatu karyanya menyatakan bahwa Kantor adalah tempat di mana pekerjaan tata usaha itu dilakukan.

Dari pendapat tersebut dapat dimengerti, bahwa kantor itu merupakan suatu tempat dari sebuah lembaga atau organisasi di mana di dalam kantor itu kita dapat melihat adanya; pimpinan (kepala) kantor, personel, staff kantor, peralatan, dan perlengkapan kantor serta kegiatan-kegiatan kantor.

Dapat disimpulkan bahwa, kantor itu mencakup dua hal yakni:
1. Sebagai lingkungan fisik, gedung, peralatan, perlengkapan
2. Sebagai lingkungan kegiatan tata usaha, tata hubungan
Pada umumnya kantor berfungsi memberikan pelayanan komunikasi dan warkat, mengadakan komunikasi berarti memberikan dan menerima keterangan tetapi di antara keduanya terdapat pencatatan dan penyusunan keterangan dalam suatu bentuk.

Penyusunan keterangan itu sering diikuti dengan penganalisaan keterangan seperti pada pengawasan biaya dan pengawasan anggaran. Menurut JC Denyer, fungsi kantor adalah untuk memberikan pelayanan komunikasi dan warkat yang secara rinci sepeti tersebut di bawah ini:
  1. Untuk menerima  keterangan  (misalnya surat-surat, harga-harga, kutipan-kutipan, dan lain sebagainya). 
  2. Untuk mencatat keterangan  (misalnya persediaan, harga, dan catatan-catatan  kepegawaian). 
  3. Untuk menyutun keterangan (misalnya pembiayaan, pembukuan, (dan sebagainya). 
  4. Untuk   memberikan   keterangan  (misalnya   faktur-faktur penyusutan, perkiraan, dan sebagainya)
  5. Untuk  menjamin  aktivita-aktivita  (misalnya   pemeliharaan uang tunai, persediaan, dan sebagainya)
Dari uraian di atas, dapat dibayangkan bahwa bila kita mendatangi suatu kantor besar, menengah, maupun kecil kesibukan yang dilakukan waktu jam kantor. Di belakang setiap meja karyawan yang sedang sibuk bekerja, mencatat, menulis, mengetik dan ada pula yang hilir mudik mengantar warkat yang akan diperiksa.
 
Suasana Kantor Google - Sumber Gambar: detik.com
Ada yang dikerjakan lebih lanjut dan ada yang disiapkan sebagai bahan dokumentasi. Di sana sini kedengaran suara ketikan mesin ketik dan dering telepon.

Bayangkan seperti tersebut di atas, bagaimana caranya agar selalu rapi, bersih, dan tenang serta nyaman atau ayem? Agar suasana menyenangkan, caranya adalah adanya seorang pejabat yang selalu bertanggung jawab dan berwibawa dalam ruangan itu.

Di samping itu, hendaklah kepala sewaktu-waktu harus memeriksa bawahannya dan seluruh ruangannya selalu teratur. Kebersihan dan ketenangan sangat mempengaruhi suasana kerja. Sebaiknya setiap karyawan harus sadar, bahwa ruangan kantor itu harus tetap rapi, untuk itu para karyawan harus menyadari gunanya etiket itu.

Suasana kantor yang tenang dan enak, jika berkunjung suatu kantor yang memenuhi syarat-syarat ini. Demikianlah kita dituntut agar dapat menjalankan sosial etiket, guna melaksanakan tugas sehari-hari tanpa merasa berat dan letih. Biasanya pekerjaan akan mudah dilakukan jika telah terbiasa.

Salah satu perusahaan yang memiliki Suasana Kantor yang dapat menjadikan karyawan betah dan tidak merasa berat untuk bekerja adalah Google. Dapat dilihat dalam gambar di atas, bahwa suasana kantor Google memang sangat luar biasa, karyawan tidak mudah stress dan bisa nyaman bekerja.

Penulis:
Dr. Hery Sawiji, M.Pd. (Dosen S-1 dan S-2 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS).
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment