Friday, May 23, 2014

Pengertian Manajemen Perkantoran

By
Manajemen Perkantoran diartikan berbeda-beda oleh banyak ahli, namun inti pengertiannya tetap sama, yaitu tentang tata kelola kantor. Berikut ini kami tampilkan beberapa pendapat para ahli tersebut:

1. Menurut J.C Denyer dalam bukunya “office Administration”.
Office management is the directing and controlling of an office in order to achieve its specified purpose in the  most economical way.
Manajemen perkantoran adalah pengarahan dan pengawasan sebuah kantor untuk mencapai tujuannya yang khusus dengan cara yang sehemat-hematnya.
2. Menurut J.C Denyer dalam bukunya “Office Management”.
Office management can thus be defined as the organization of an office to achieve a specified purpose, and to  make the best use of the personel by using the most appropriate machines and equipment, the best possible methods, and by providing th most suitable environment.
Manajemen perkantoran dapat dirumuskan sebagai pengorganisasian sebuah kantor untuk mencapai suau tujuan tertentu, dan untuk memanfaatkan pegawai-pegawai dengan sbaik-baiknya dengan menggunakan mesin-mesin dan perlengkapan yang paling cocok, metode-metode yang paling baik, dan dengan memberikan lingkungan yang paling sesuai.
3. Menurut G.R. Terry dalam bukunya “Ofice Management can be defined as the planning, controlling, and organizing of office work, and actuating those performing it so as to achieve the predetermined objektives".
Manajemen pekantoran dapat dirumuskan sebagai perencanaan, pengawas, dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.
4. Menurut William H. Leffingwell dan Edwin M. Robinson dalam bukunya yang berjudul “Textbook of Office Management”.
Sebagai suau fungsi, manajemen perkantoran adalah caban seni dan ilmu manajemen yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor secara efisien, bilamana saja dan dimana saja pekerjaan itu dilakukan.
5. Menurut Prof. Dr. Prajud Atmosudirdjo dalam bukunya, “Dasar-dasar Office Management”.
Office management adalah management daripada office dan management daripada office work, sekaligus. Jadi, dengan demikian, maka office management merupakan kombinasi yang satu sama lain berhubungan dengan erat yakni paduan daripada corporate management (office sebagai kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personel dan equipment) dan operation management (office work, pekerjaan kantor)
6. Menurut penulis (Dr. Hery Sawiji, M.Pd.)
Manajemen perkantoran didefinisikan sebagai suatu kegiatan (aktivitas) yang berkenaan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap kantor (pekerjaan kantor) serta menggerakkan mereka agar tercapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Penulis:
Dr. Hery Sawiji, M.Pd. (Dosen S-1 dan S-2 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Solo)
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment