Sunday, May 25, 2014

Ekonomi Makro Dalam Kerangka Ilmu Ekonomi

By
Ilmu Ekonomi biasa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu: ekonomi deskripstif (descriptive economics), teori ekonomi (economic theory) dan ekonomi terapan (applied economics).

Ekonomi deskriptif mengumpulkan keterangan-keterangan faktual yang relevan mengenai sesuatu masalah ekonomi. Teori ekonomi tugas utamanya menyusun model analisa ekonomi untuk menerangkan secara umum perilaku sistem perekonomian.

Akhirnya, yang dilakukan terapan ialah menggunakan hasil-hasil pemikiran yang terkumpul dalam teori ekonomi untuk menerangkan keterangan-keterangan yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.

Selanjutnya, teori ekonomi dipecah lagi menjadi dua kelompok besar, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro. Dalam artikel kali ini, akan sedikit dibahas tentang "Ekonomi Makro dalam Kerangka Ilmu Ekonomi".

Teori Ekonomi Makro mempunyai berbagai sebutan lain untuk menggantikannya, antara lain macro economics, aggregate economic analysis dan ekonomi makro.

K.C. Kogiku (1968) menyebutkan bahwa:
yang dimaksud dengan deskripsi atau uraian dalam teori ekonomi ialah membuat pernyataan mengenai hubungan-hubungan di antara besaran-besaran agregatif. Pernyataan tersebut dapat diungkapkan dengan menggunakan kata-kata atau mengungkapkan cara matematik. Analisa ekonomi makro di lain pihak, terdiri dari penurunan implikasi-implikasi dari hubungan-hubungan tersebut, yang juga dapat diungkapkan dengan kata-kata ataupun dengan cara matematik.*
Selanjutnya dapat ditambahkan bahwa pernyataan-pernyataan yang dipergunakan untuk mengungkapkan hubungan-hubungan antara besaran-besaran atau variabel-variabel agregatif dan juga yang dipergunakan untuk mengungkapkan implikasi-implikasi teoritik, yang sering pula kita sebut kesimpulan-kesimpulan teoritik, yang diungkapkan secara matematik seperti yang disebutkan di atas, pada umumnya secara lebih spesifik diungkapkan dalam bentuk persamaan matematik.

Persamaan-persamaan matematik tersebut dapat pula disebut dengan persamaan-persamaan ekonomi makro atau macroeconomic equations.

Dalam model-model analisa ekonomi, termasuk juga model-model analisa ekonomi makro, dapat dibedakan tiga macam persamaan:
1. Persamaan definisi, sering pula disebut kesamaan atau identity.
2. Persamaan perilaku atau behavioral equation
3. Persamaan syarat kuilibrium atau equilibrium condtions equation.

Artikel ini belum lengkap, karena penjelasan masing-masing rumus belum kami tampilkan. Apabila pembaca ingin mendapatkan file lengkapnya, silakan kirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com  (FREE!!). atau bisa juga langsung membaca bukunya Soediyono yang berjudul "Ekonomi Makro: Analisa IS-LM dan Permintaan-Penawaran Agregatif". Berikut tampilannya:


* K.C. Kogiku. 1968. An Introduction to Macroeconomic Models. New York: McGraw Hill Book Company.

Sumber:
Soediyono. 1985. Ekonomi Makro: Analisa IS-LM dan Permintaan-Penawaran Agregatif: Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty Offset.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi. Ekonomi merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai ekonomi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete