Monday, March 17, 2014

Konsumen, Produsen dan Efisiensi Pasar (Bagian 2)

By
Artikel ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya “Konsumen, Produsen dan Efisiensi Pasar (Bagian 1)”. Kalau di Bagian 1 kita membahas surplus konsumen, di artikel Bagian 2 ini kita akan membahas tentang Surplus Produsen.

Surplus Produsen adalah harga barang yang dijual oleh produsen, dikurangi dengan biaya produksi barang tersebut. Lebih mudahnya, dapat dikatakan bahwa surplus produsen merupakan ukuran keuntungan yang diperoleh oleh produsen dalam menjual produknya.

Contoh:
Misalnya Andi adalah produsen jaket kulit. Dalam memproduksi satu jaket kulit, Andi menghabiskan biaya sebesar Rp800.000,00. Andi menjual jaket kulit tersebut dengan harga Rp900.000,00/jaket.

Dari contoh di atas, dapat kita lihat bahwa:
Biaya produksi satu jaket kulit adalah Rp800.000,00
Harga jual satu jaket kulit adalah Rp900.000,00
Surplus produsen atau keuntungan Andi adalah Rp900.000,00 - Rp800.000,00 = Rp100.000,00

Kita akan menggunakan kurva untuk menjawab pertanyaan tersebut. Kalau pada surpus konsumen kita menggunakan kurva permintaan, sedangkan dalam surplus produsen kita akan menggunakan kurva penawaran.

Surplus produsen dalam kurva penawaran ditunjukkan pada area dibawah harga barang, dan di atas kurva penawaran. Lebih jelasnya lihat dalam gambar berikut:

Konsumen, Produsen dan Efisiensi Pasar (Bagian 2)

Area surplus produsen ditunjukkan oleh daerah yang diberi warna ungu. Dari gambar tersebut, dapat diketahui pula dampak dari perubahan harga terhadap surplus produsen. Apabila harga meningkat, maka surplus produsen akan bertambah dan sebaliknya apabila harga menurun, maka surplus produsen akan berkurang.

Sebagaimana ditunjukkan dalam gambar berikut:

Konsumen, Produsen dan Efisiensi Pasar (Bagian 2)

Apabila terjadi kenaikan harga barang, seorang produsen akan mendapatkan tambahan keuntungan (surplus produsen). Selain itu, akan ada pula produsen baru yang mendapatkan keuntungan (surplus) dari kenaikan harga tersebut.

Referensi:
Mankiw, N. Gregory. 2012. Principles of Microeconomics: 6th Edition. South-Western Cengage Learning. (E-Book).
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment