Friday, March 7, 2014

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

By
Problema yang mungkin pernah dialami oleh seorang pendidik adalah bagaimana meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya. Pertanyaan ini pasti pernah dirasakan di benak seorang pendidik. Lalu bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar peserta didik tersebut??

Ada beberapa hal yang dapat diterapkan oleh seorang pendidik (guru maupun dosen) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya, yaitu sebagai berikut.

1. Memberi Nilai
Nilai yang dimaksud adalah angka sebagai simbol dari hasil aktivitas belajar anak didik yang diberikan sesuai hasil ulangan yang telah mereka peroleh dari hasil penilaian guru yang bisaanya terdapat dalarn buku rapor sesuai jumlah mata pelajaran yang diprogramkan dalam kurikulum.

2. Memberi Hadiah
Hadiah adalah memberikan sesuatu kepada anak didik yang berprestasi yang berupa uang beasiswa, buku tulis, alat tulis atau buku bacaan lainya atau suatu pujian dan sanjungan untuk memotivasi anak didik agar senantiasa mempertahankan prestasi belajar selama berstudi.

3. Kompetisi
Kompetisi adalah persaingan yang digunakan sebagai alat motivasi untuk mendorong anak didik agar mereka bergairah belajar, baik dalam bentuk individu maupun kelompok untuk menjadikan proses belajar mengajar yang kondusif.

4. Hukuman
Meskipun hukuman sebagai reinforcement yang negatif, tetapi bila dilakukan dengan tepat dan bijak akan merupakan alat motivasi yang baik dan efektif. Hukuman mendidik dan bertujuan memperbaiki sikap dan perbuatan anak didik yang dianggap salah dapat berupa sanksi yang diberikan kepada anak didik sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan sehingga anak didik tidak akan mengulangi kesalahan atau dihari kemudian.

Motivasi berfungsi sebagai tenaga penggerak bagi seseorang atau peserta didik yang menimbulkan upaya keras untuk melakukan aktivitas mereka sehingga dapat mencapai tujuan belajar.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment