Saturday, June 29, 2013

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

By
Prestasi belajar tiap siswa berbeda-beda. Materi yang diajarkan sama, guru yang mengajar sama dan strategi yang diterapkan sama belum tentu menghasilkan prestasi belajar yang sama.

Sebagian sudah mencapai hasil yang  optimal, rata-rata dan ada juga siswa yang mendapatkan prestasi belajar yang masih rendah. Guru diharapkan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor intern maupun ekstern. Hal ini senada dengan pendapat Dimyati dan Mudjiono (2006) prestasi belajar dipengaruhi faktor intern dan faktor  ekstern. Kedua faktor tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pertama, faktor intern adalah faktor yang dialami dan dihayati secara langsung siswa dan berpengaruh terhadap proses pembelajaran dalam pencapaian prestasi belajar. Faktor intern ini meliputi: 1) sikap siswa terhadap belajar, 2) motivasi belajar, 3) konsentarasi belajar, 4) kemampuan mengolah bahan belajar, 5) kemampuan menyimpan perolehan prestasi belajar, 6) kemampuan menggali prestasi belajar yang telah tersimpan, 7) kemampuan berprestasi atau unjuk prestasi belajar, 8) rasa percaya diri siswa, intelegensi dan keberhasilan belajar dan kebiasaan belajar.

Kedua, faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa mempengaruhi prestasi belajar, antara lain: 1) guru sebagai pembimbing belajar siswa, 2) sarana dan prasarana belajar, 3) kondisi pembelajaran, 4) kebijakan penilaian, 5) kurikulum yang diterapkan, 6) lingkungan sosial siswa. 


Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu dalam diri siswa (intern) dan faktor yang berasal dari luar siswa (ekstern). Kedua faktor tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa apabila mempunyai hubungan positif dalam proses pembelajaran, dan sebaliknya prestasi belajar siswa  akan menurun apabila mempunyai hubungan negatif dalam proses pembelajaran.

Syah (2010) menjelaskan bahwa “faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni:
  1. Faktor internal (faktor dari dalam siswa), keadaan jasmani dan rohani dalam diri siswa.
  2. Faktor eksternal (faktor dari luar siswa), kondisi lingkungan disekitar siswa 
  3. Faktor pendekatan belajar (approach to learning), jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan dan mempelajari materi pelajaran yang berbeda.
Berdasarkan beberapa pendapat ahli di atas faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor internal atau faktor dalam diri siswa, faktor eksternal atau faktor dari luar siswa dan faktor pendekatan belajar (approach to learning).
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

1 comment: