Monday, June 3, 2013

Pendekatan Pembelajaran

By
Pendekatan merupakan terjemahan dari approach, yang secara umum dapat diartikan cara memandang seseorang melihat suatu masalah atau objek kajian tertentu, sehingga berdampak dalam sikap atau perilakunya (Indiarti, 2009).

Misalnya, jika kita menggunakan pendekatan sistem dalam menangani masalah dalam pendidikan, maka kita memandang pendidikan mempunyai berbagai komponen yang masing-masing berinteraksi dalam mencapai tujuan pendidikan.

Sejalan dengan pendapat di atas, Konny Semiawan (1993) berpendapat bahwa pendekatan dapat diartikan sebagai cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian, sehingga berdampak ibarat seseorang menggunakan kacamata dengan warna tertentu di dalam memandang alam sekitar.

Kacamata yang berwarna hijau akan menyebabkan dujia kelihatan kehijau-hijauan, kacamata berwarna coklat akan membuat dunia kelihatan kecoklat-coklatan, dan seterusnya.

Sabarti Akhadiah (1992) mengemukakan yang dimaksud dengan pendekatan ialah anggapan tentang hakikat bahasa serta kegiatan pembelajaran di sekolah.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas tentang pendekatan dapat di simpulkan, bahwa pendekatan adalah cara (anggapan, asumsi) umum dalam memandang hakikat dan pembelajaran bahasa sebagai objek kajian.

Sedangkan pembelajaran (learning) adalah pemerolehan pengetahuan tentang suatau hal atau keterampilan melalui belajar pengalaman, sedangkan pengajaran (teaching) adalah upaya membantu seseorang untuk belajar dan bagaimana melakukan sesuatu, memberikan pengajaran, membantu dalam menyelesaikan sesuatu, memberikan pengetahuan dan membuat seseorang menjadi mengerti. 

Menurut Mulsaya (2003) pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan linkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.

Sedangkan menurut Moh. Uzer Usman  (2005: 4) pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa dalam situasi edukasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Berdasarkan beberapa konsep pendekatan di atas, dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya pendekatan adalah cara (anggapan, asumsi) umum dalam memandang hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa sebagai objek kajian.

Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya yang difasilitasi oleh guru yang menyebabkan terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih sehingga dapat mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment