Monday, September 24, 2012

Teori Perilaku Konsumen

By
Pengertian dan asumsi-asumsi utama dalam Teori Perilaku Konsumen: 

1) Barang (Commodities) 
Adalah benda dan jasa yang dikonsumsi untuk memperoleh manfaat atau kegunaan. Barang yang dikonsumsimempunyai sifat makin banyak dikonsumsi makin besar manfaat yang diperoleh.

2) Utilitas (Utility) 
Adalah manfaat yang diperoleh karena mengonsumsi barang. Utilitas merupakan ukuran manfaat suatu barang dibanding dengan alternatif penggunaannya dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh konsumen.

3) Hukum Pertambahan Manfaat yang Makin Menurun (The Law of Diminishing Marginal Utility) 
Pada awalnya penambahan konsumsi suatu barang akan memberi tambahan utilitas yang besar, tetapi makin lama pertambahan itu bukan saja makin menurun, bahkan menjadi negatif. Gejala itu disebut sebagai Hukum Pertambahan Manfaat yang Makin Menurun (The Law of Diminishing Marginal Utility).

4) Konsistensi Preferensi (Transitivity)
Konsep preferensi berkaitan dengan kemampuan konsumen menyusun prioritas pilihan agar dapat mengambil keputusan. Minimal ada dua sikap yang berkaitan dengan preferensi konsumen, yaitu lebih suka dan atau sama-sama disukai. Misalnya ada dua barang, maka konsumen mengatakan X lebih disukai daripada Y (X > Y) atau X sama-sama disukai seperti Y (X = Y). Tanpa sikap ini perilaku konsumen sulit dianalisis.

Kelanjutan pembahasan ini kami tampilkan dalam cuplikan slide di bawa ini:
 


Ingin mendapatkan softfile ppt materi ini?? Silakan kirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (FREE!!)

Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment