Visi dan Misi Bisnis (Bagian 1)

Posted by Budi Wahyono on Wednesday, March 14, 2012

Ingin Menjadi Seperti Apakah Kita?
Sangat penting bagi para manajer dan eksekutif di organisasi manapun untuk sepaham mengenai visi dasar yang ingin diraih perusahaan dalam jangka panjang. Pernyataan visi harus menjawab pertanyaan dasar, “Ingin menjadi seperti apakah kita?” Sebuah pernyataan visi yang jelas menjadi dasar bagi pengembangan pernyataan visi yang komprehensif. Banyak organisasi mempunyai baik pernyataan visi maupun misi, namun pernyataan visi harus dibuat lebih dulu. Pernyataan visi haruslah singkat, diharapkan satu kalimat dan sebanyak mungkin manajer diminta masukannya dalam proses pengembangannya.


Contoh pernyataan visi:
Visi General Motors adalah menjadi pemimpin dunia dalam produk transportasi dan jasa yang terkait dengannya.

Apakah Bisnis Kita?
Pemikiran tentang pernyataan misi dewasa ini terutama didasarkan pada pedoman yang dibuat pada pertengahan tahun 1970-an oleh Peter Drucker, yang sering kali disebut “bapak manajemen modern” karena kajian rintisannya di General Motors Corporation dan 22 buku serta ratusan artikel yang ditulisnya. Drucker dipandang sebagai “pemikir manajemen paling terkemuka di masa kita”.

Drucker mengatakan bahwa menanyakan “Apakah bisnis kita?” sama dengan menanyakan “Apakah misi kita?” Sebuah pernyataan maksud yang membedakan satu organisasi dari organisasi-organisasi lain yang serupa, pernyataan misi adalah sebuah deklarasi tentang “alasan keberadaan” suatu organisasi. Pernyataan misi menjawab pertanyaan paling penting, “Apakah bisnis kita?”. Pernyataan misi yang jelas sangat penting untuk menetapkan tujuan dan merumuskan strategi.

Terkadang juga diistilahkan sebagai pernyataan keyakinan, sebuah pernyataan maksud, pernyataan filosofi, pernyataan kepercayaan, pernyataan prinsip-prinsip bisnis, atau pernyataan yang “menentukan bisnis kita”, pernyataan misi menjelaskan ingin menjadi apa suatu organisasi dan siapa sajakah yang coba dilayaninya. Semua organisasi memiliki alasan mengapa mereka ada, meskipun bila para penyusun strategi tidak secara sadar mentransformasikan alasan ini ke dalam bentuk tulisan.

Contoh pernyataan misi:
Misi Dell adalah menjadi perusahaan computer yang paling suskses di dunia dalam menawarkan pengalaman konsumen terbaik di pasar yang kami layani. Untuk itu, Dell akan memenuhi pengharapan konsumen akan kualitas tertinggi; teknologi terdepan; harga yang kompetitif, akuntabilitas individual dan perusahaan; layanan dan dukungan terbaik di kelasnya; kemampuan kustomisasi yang fleksibel ; warga perusahaan yang unggul; stabilitas finansial.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment