Saturday, March 17, 2012

Pengertian, Tujuan dan Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)

By
Pengertian
Menurut Nurhadi dalam Sugiyanto (2007) CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa. 

Menurut Jonhson dalam Sugiyanto (2007) CTL adalah sebuah proses pendidikan yang bertujuan untuk menolong para siswa melihat siswa melihat makna didalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subyek-subyek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka. 

Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan
  1. Model pembelajaran CTL ini bertujuan untuk memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari sehingga siswa memiliki pengetahuan atu ketrampilan yang secara refleksi dapat diterapkan dari permasalahan kepermasalahan lainya. 
  2. Model pembelajaran ini bertujuan agar dalam belajar itu tidak hanya sekedar menghafal tetapi perlu dengan adanya pemahaman
  3. Model pembelajaran ini menekankan pada pengembangan minat pengalaman siswa. 
  4. Model pembelajaran CTL ini bertujuan untuk melatih siswa agar dapat berpikir kritis dan terampil dalam memproses pengetahuan agar dapat menemukan dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain 
  5. Model pembelajaran CTL ini bertujun agar pembelajaran lebih produktif dan bermakna
  6. Model pembelajaran model CTL ini bertujuan untuk mengajak anak pada suatu aktivitas yang mengkaitkan materi akademik dengan konteks kehidupan sehari-hari 
  7. Tujuan pembelajaran model CTL ini bertujuan agar siswa secara individu dapat menemukan dan mentrasfer informasi-informasi komplek dan siswa dapat menjadikan informasi itu miliknya sendiri. 
Pengertian, Tujuan dan Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)

Strategi Pembelajaran CTL 
Beberapa strategi pembelajaran yang perlu dikembangkan oleh guru secara kontekstual antara lain: 
a. Pembelajaran berbasis masalah
Dengan memunculkan problem yang dihadapi bersama,siswa ditantang untuk berfikir kritis untuk memecahkan. 

b. Menggunakan konteks yang beragam
Dalam CTL guru membermaknakan pusparagam konteks sehingga makna yang diperoleh siswa menjadi berkualitas.

c. Mempertimbangkan kebhinekaan siswa
Guru mengayomi individu dan menyakini bahwa perbedaan individual dan sosial seyogyanya  dibermaknakan menjadi mesin penggerak untuk belajar saling menghormati dan toleransi untuk mewujudkan ketrampilan interpersonal.

d. Memberdayakan siswa untuk belajar sendiri
Pendidikan formal merupakan kawah candradimuka bagi siswa untuk menguasai cara belajar untuk belajar mandiri di kemudian hari. 

e. Belajar melalui kolaborasi
Dalam setiap kolaborasi selalu ada siswa yang menonjol dibandingkan dengan koleganya dan sisiwa ini dapat dijadikan sebagai fasilitator dalam kelompoknya.

f. Menggunakan penelitian autentik
Penilaian autentik menunjukkan bahwa belajar telah berlangsung secara terpadu dan konstektual dan memberi kesempatan pada siswa untuk dapat maju terus sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
 
g. Mengejar standar tinggi
Setiap sekolah seyogyanya menentukan kompetensi kelulusan dari waktu ke waktu terus ditingkatkan dan setiap sekolah hendaknya melakukan Benchmarking dengan melakukan studi banding ke berbagai sekolah di dalam dan luar negeri.

Berdasarkan Center for Occupational Research and Development (CORD) Penerapan strategi pembelajaran konstektual digambarkan sebagai berikut:

a. Relating
Belajar dikatakan dengan konteks dengan pengalaman nyata, konteks merupakan kerangka kerja yang dirancang guru  untuk membantu peserta didik agar yang dipelajarinya bermakna.

b. Experiencing
Belajar adalah kegiatan “mengalami “peserta didik diproses secara aktif dengan hal yang dipelajarinya dan berupaya melakukan eksplorasi terhadap hal yang dikaji,berusaha menemukan dan menciptakan hal yang baru dari apa yang dipelajarinya.

c. Applying
Belajar menekankan pada proses mendemonstrasikan pengetahuan yang dimiliki dengan dalam konteks dan pemanfaatanya.

d. Cooperative
Belajar merupakan proses kolaboratif dan kooperatif melalui kegiatan kelompok, komunikasi interpersonal atau hubunngan intersubjektif.

e. Trasfering
Belajar menenkankan pada terwujudnya kemampuan memanfaatkan pengetahuan dalam situasi atau konteks baru.

Sumber:
Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

14 comments:

  1. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungannya... :)

    ReplyDelete
  3. terimakasih,, infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  4. @Po Katsa: Sama2...tetap kunjungi blog kami, untuk update materi2 seputar Pendidikan Ekonomi... :)

    ReplyDelete
  5. Dapat artikel yang bagus nich...makasih ya salam

    ReplyDelete
  6. @Inggris anak.com: sama2 Mas, senang bisa bermanfaat bagi sesama... ;)

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya. Saya mau tanya kalau dengan SLT situational language teaching apkah sama dengan CTL?

    ReplyDelete
  8. di Dam CTL, Seorang guru benar-harus dituntut untuk berperan aktif dalam membangun karakter siswa. dan bukan hanya mengembangkan ranah kognitif saja. Sebab orang yang memiliki pengetahuan tinggi tanpa adanya karakter yang mumpuni hanya maka akan membawa keburukan pula. Kalau istilahnya orang jawa, uduk minterne, tapi minteri... Terimkash untuk artikelnya, Salam Pendidikan Indonesia

    ReplyDelete
  9. referensi unyuk strategi CTL t dpat dmana y? n judul buku n penulisnya cp y? mohon bantuannya buat penelitian

    ReplyDelete
  10. @novi nurcahyani: Di bagian akhir artikel "Pengertian, Tujuan dan Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)" sudah saya sertakan sumbernya Mbak, silakan dicek.

    ReplyDelete
  11. Tulisan diatas sangat menarik, saya juga memiliki tulisan serupa mengenai modul interaktif pembelajaran Bahasa Indoenesia, kunjungi balik ya di Modul Interaktif Pembelajaran Bahasa Indonesia Terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Postingnya sangat menarik dan dapat membantu menambah pengetahuan serta wawasan, terus berkarya.

    ReplyDelete
  13. keunggulan dan kelemahan ctl dalam matematika apa y ?

    ReplyDelete
  14. helpful... thanks for sharing this information about CTL. But, will it be suitable to applied in English lesson?

    ReplyDelete