Saturday, March 10, 2012

Istilah dalam Dunia Pendidikan yang Masih Banyak Disalahartikan

By
Media Pembelajaran
Banyak orang yang mengartikan Media Pembelajaran sebagai sarana atau alat bantu dalam pembelajaran. Arti ini kurang tepat walaupun juga tidak sepenuhnya salah. Lalu apa arti yang sebenarnya?? Mari kita bahas…
Kita mulai dari asal katanya, “Media” berasal dari Bahasa Latin “Medium” yang artinya tengah-tengah / perantara. Sehingga media pembelajaran adalah suatu perantara dari pemberi informasi kepada penerima informasi, kalau digambarkan dalam sebuah pola akan berbentuk seperti ini:
Pemberi pesan --> MEDIA --> penerima pesan.

Pengertian sebagian besar orang tentang media tidak sepenuhnya salah karena “alat” yang dimaksud dalam pengertian di atas memang bisa menjadi salah satu media. Contohnya seperti ini:
Salah satu alat pembelajaran, yaitu LCD bisa menjadi media pembelajaran namun bisa juga tidak termasuk dalam media pembelajaran. LCD yang hanya dinyalakan dan belum ada pesan atau informasi yang ditampilkan melalui LCD tersebut belum bisa disebut media, karena belum ada pesan yang disampaikan kepada penerima pesan. Kondisi lain, apabila LCD tersebut dinyalakan kemudian dihubungkan dengan laptop sehingga tampil pesan atau informasi yang dapat ditangkan oleh penerima pesan maka LCD tersebut bisa disebut sebagai media pembelajaran.

Demikian sedikit penjelasan mengenai media pembelajaran, artikel ini akan berlanjut maka jangan lewatkan artikel selanjutnya…
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment