Definisi Manajemen Strategis

Posted by Budi Wahyono on Monday, March 12, 2012

Manajemen Strategis adalah suatu seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas-fungsional yang membuat sebuah perusahaan mencapai tujuannya.

Terkadang, istilah manajemen strategis digunakan untuk merujuk pada perumusan, implementasi dan evaluasi strategis. Sedangkan perencanaan strategis menunjuk hanya pada perumusan strategi.

Tujuan manajemen strategis adalah untuk mengeksploitasi serta menciptakan berbagai peluang baru dan berbeda untuk esok; sebaliknya berusaha untuk mengoptimalkan tren-tren dewasa ini untuk esok.


Istilah perencanaan strategis pertama kali muncul pada 1950-an dan menjadi sangat populer antara pertengahan 1960-an dan pertengahan 1970-an.

Pada intinya rencana strategis adalah teknik permainan sebuah perusahaan. Persis seperti sebuah tim sepak bola memerlukan taktik main yang baik agar bisa menang, suatu perusahaan mesti memiliki rencana strategis yang baik untuk dapat bersaing dengan sukses. Margin keuntungan perusahaan pada kebanyakan industri telah mengalami penurunan yang drastis, sehingga hanya tersedia sedikit ruang bagi kesalahan dalam rencana strategis keseluruhan. Rencana strategis dihasilkan dari pilihan manajerial yang sulit atas banyak alternatif yang baik, dan hal ini menandakan komitmen pada pasar, kebijakan, prosedur, dan operasi tertentu di atas arah tindakan yang lain.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment