Monday, March 12, 2012

Kemampuan Perusahaan

By
Pemasaran adalah proses mencocokan antara kemapuan perusahaan dengan kebutuhan konsumen. Adalah penting untuk memahami apa yang dimaksud dengan kemampuan perusahaan (company capabilities). Untuk menjelaskannya lebih jauh, mari kita membayangkan apa yang telah kita bangun dan kita putuskan untuk kita lakukan dalam kegiatan bisnis kita sehari-hari.


Peran Pemasaran dan Bisnis
Penyebab keberhasilan dalam jangka panjang—suatu pertumbuhan berkelanjutan dalam penjualan, pendapatan, dan nilai pasar saham suatu perusahaan—menurut kesimpulan yang didapat dari penelitian adalah tergantung pada keempat elemen berikut:
1. Produk atau jasa inti yang dihargai konsumen serta kemampuan mengadaptasi produk atau jasa yang ditawarkan terhadap perubahan kebutuhan pasar. Pemasaran memiliki peran besar dalam proses yang memproduksi produk atau jasa yang dihargai konsumen.
2. Operasional yang sempurna dan berkelas dunia. Pemasaran tentu saja harus memiliki suatu masukan untuk mendefinisikan efisiensi operasinal dari sudut pandang tata nilai konsumen.
3. Budaya yang mendorong karyawan untuk kreatif dalam hal yang dapat meningkatkan nilai konsumen. Orang yang pembosan dan membosankan, yang biasa bersikap tunduk dan menerima, paling maksimal hanya akan memberikan hasil yang rata-rata. Hanya orang-orang yang melibatkan diri dan tertarik dengan apa yang mereka lakukan yang mampu menciptakan suatu keunggulan bersaing yang berkelanjutan.
4. Budaya perusahaan yang tidak didominasi (oleh karena latar belakang sejarahnya) oleh orientasi produksi, operasi, atau keuangan. Bukti menunjukkan bahwa pemasaran menyumbangkan kontribusi yang besar pada pencapaian sasaran perusahaan.

Peran pemasaran adalah untuk memastikan (1) bahwa perusahaan berfokus pada lingkungan total dari bisnis, pasar, persaingan, konsumen, pemerintah, dan trend, serta (2) bahwa pemasaran menggunakan semua pengetahuan dan pengalaman untuk mengembangkan suatu hubungan yang saling menguntungkan dengan konsumennya.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment