Friday, June 12, 2015

Strategi Penetapan Harga Produk dalam Hubungannya dengan Pasar

By
Pada umumnya, harga suatu barang ditentukan oleh biaya produksi dari barang tersebut. Namun, di sini Strategi Penetapan Harga tidak didasarkan pada biaya, tetapi justru harga yang menentukan biaya dari perusahaan.

Penjual dapat menentukan harga sama dengan tingkat harga pasar agar dapat ikut dalam persaingan, atau dapat pula ditentukan lebih tinggi atau lebih rendah dari tingkat harga dalam persaingan.

Penetapan Harga Sama dengan Harga Saingan
Sering dijumpai adanya penjual yang menetapkan harga sama dengan harga saingannya. Cara seperti ini akan lebih menguntungkan jika dipakai pada saat harga dalam persaingan itu tinggi. Biasanya penjual menggunakan cara tersebut untuk barang-barang standard.

Penetapan Harga Di Bawah Harga Saingan
Metode ini biasanya digunakan oleh para pengecer (retailler) dan perusahaan sering tidak mengetahui adanya praktik-praktik tersebut. Mereka mempunyai suatu prinsip bahwa mark-up yang lebih rendah akan menghasilkna volume penjualan yang lebih tinggi.

Strategi Penetapan Harga Produk dalam Hubungannya dengan Pasar
Perbedaan Harga via brooksgroup.com
Mereka juga berpendapat bahwa nama baik produsen ikut membawa nama baik pengecer. Penetapan harga di bawah harga saingan ini juga merupakan sauatu cara yang baik bagi perusahaan untuk memasuki pasar yang baru. Oleh karena itu, banyak pengecer menggunakan metode tersebut untuk barang-barang yang permintaannya elastis.

Penetapan Harga Di Atas Harga Saingan
Kadang-kadang produsen dan pengecer menetapkan harga produknya di atas tingkat harga pasar. Metode ini hanya sesuai digunakan oleh perusahaan yang sudah mempunyai reputasi atau perusahaan yang menghasilkan barang-barang prestise.

Hal ini disebabkan karena konsumen kurang memperhatikan harga dalam pembeliannya, tetapi mereka lebih mengutamakan kualitas atau faktor prestise yang akan diperolehnya dari barang tersebut.

Sumber:
Basu Swastha. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment