Sunday, June 14, 2015

Perumusan Fungsi Manajemen Oleh Para Ahli

By
Fungsi Manajemen adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh manajer dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai pejabat manajemen, baik pejabat manajemen pada tingkat atas, tingkat menengah, ataupun tingkat bawah terlepas dari organisasi besar atau kecil.

Jadi fungsi itu merupakan kegiatan yang pasti dilakukan dalam keadaan apa saja, dan oleh siapa saja yang mempunyai predikat manajer. Hal ini kiranya tidaklah mengherankan, karena bagaimanapun sifat tujuan yang hendak dicapai organisasi, corak kegiatan manajemen itu pasti ada.

Namun walaupun demikian, skala kawasan dari masing-masing level manajemen itu berbeda satu sama lain. Misalnya pada tingkat atas manajemen itu bersifat menyeluruh dan berlaku bagi seluruh organisasi, pada tingkat menengah fungsi itu bersifat departemental, dan pada tingkat bawah fungsi itu bersifat pengawasan (supervision).

Tentang perumusan fungsi manajemen, di kalangan para teoretisi, para sarjana sampai dewasa ini belum ditemukan kata sepakat, terbukti banyak ditemukannya berbagai perumusan-perumusan atau ungkapan-ungkapan dengan istilah yang bermacam-macam.

Keanekaragaman istilah-istilah atau ungkapan-ungkapan kiranya bermanfaat pula bagi perkembangan ilmu pengetahuan manajemen pada waktu-waktu mendatang. Sebab pada hakikatnya, perbedaan pendapat dan tidak adanya kesatuan pola berfikir bukanlah factor penghalang terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Beberapa perumusan fungsi manajemen yang dimaksudkan di atas yang banyak menghiasi karya-karya dalam bidang ini misalnya:

Menurut GR Terry, dalam bukunya yang berjudul Principle of Management mengemukakan klasifikasi fungsi manajemen itu menjadi 4 jenis, yaitu:
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating
4. Controlling

Menurut Harold Koont & CO Donnel dalam bukunya yang berjudul Principle of Management mengemukakan fungsi manajemen sebagai beikut:
1. Planning
2. Organizing
3. Staffing
4. Directing
5. Controlling
Perumusan Fungsi Manajemen Oleh Para Ahli
Fungsi Manajemen via usercontent2.hubimg.com
Menurut Henry Fayol, fungsi-fungsi manajemen itu meliputi:
1. Planning
2. Organizing
3. Commanding
4. Coordinating
5. Controlling

Menurut Luther M. Gullick, fungsi-fungsi manajemen itu meliputi:
1. Planning
2. Organizing
3. Staffing
4. Directing
5. Coordinating
6. Reporting
7. Budgeting

Menurut SP. Siagian, MPA dalam bukunya yang berjudul "Filsafat Administrasi", merumuskan fungsi-fungsi manajemen menjadi:
1. Planning
2. Organizing
3. Motivating
4. Controlling
5. Evaluating

Menurut Drs. The Liang Gie dalam bukunya yang berjudul "Pengertian, Kedudukan, dan Peincian Ilmu Administrasi", merumuskan fungsi-fungsi manajemen itu menjadi:
1. Perencanaan
2. Pembuatan keputusan
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pengontrolan
6. Penyempurnaan

Menurut Parikesit Cokroprawiro dalam bukunya yang berjudul "ABC Management", merumuskan fungsi-fungsi manajemen menjadi:
1. Research
2. Planning
3. Organizing
4. Staffing
5. Directing
6. Controlling

Setelah mengadakan analisa seperlunya dari berbagai perumusan fungsi manajemen sebagaimana dikemukakan di atas, dapatlah disimpulkan bahwa pada prinsipnya terdapat persamaan pemikiran terhadap masalah dan batasan ruang lingkup yang dikemukakan.

Hanya saja beliau-beliau mengemukakan dengan ungkapan-ungkapan yang berbeda-beda. Dari berbagai klasifikasi yang dibuat tampaknya tidak terdapat perbedaan yang prinsipiil. Jadi semata-mata hanya karena mereka melihat dari posisi, kondisi, dan situasi yang berlainan, ataupun dengan kaca mata yang tidak sama.

Ibarat orang menempuh  jarak, walaupun jarak yang ditempuh itu sama, tetapi karena mereka itu mempunyai kondisi yang berbeda, maka tidaklah mustahil kalau pos-pos yang dibuat merekapun juga tidak sama.

Sumber:
Dr. Hery Sawiji, M.Pd. dalam bukunya “Fungsi Manajemen”
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment