Friday, October 3, 2014

Konsep Ekonomi dalam Islam

By
Ekonomi dalam Islam adalah ilmu yang mempelajari segala perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah (kedamaian & kesejahteraan dunia-akhirat).

Perilaku manusia disini berkaitan dengan landasan-landasan syariat sebagai rujukan berprilaku dan kecenderungan-kecenderungan dari fitrah manusia. Dalam ekonomi Islam, kedua hal tersebut berinteraksi dengan porsinya masing-masing hingga terbentuklah sebuah mekanisme ekonomi yang khas dengan dasar-dasar nilai Ilahiyah.

Ekonomi merupakan suatu studi tentang bagaimana individu/masyarakat mengelola rumah tangganya. Salah satu kegiatan pengelolaan rumah tangga tersebut adalah terkait dengan bagaimana menjamin berputarnya harta diantara manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akherat (hereafter).

Kebutuhan, Keinginan dan Faktor Produksi
“Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan bathin.”
(Lukman: 20)
“Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebagiannya kamu makan.”
(An Nahl: 5)
“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan…”
(An Nahl: 11)
“Dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan kecukupan.”
(An Najm: 48)
“Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan…”
(An Nisaa: 5)
“Dan sesungguhnya kecintaan kepada kebaikan (harta) manusia itu amat sangat”.
(Al Aadiyaat: 8)
Hakikat Aktifitas Ekonomi dalam Islam

Sumber:
Departemen Perbankan Syariah - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indoensia.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment