Wednesday, December 25, 2013

Konsep timbulnya Seorang Pemimpin

By
Kepemimpinan adalah merupakan tingkah laku manusia yang mengandung unsur kemampuan yang melebihi kemampuan orang lain, sehingga dengan kemampuan itu ia sanggup menggerakkan orang-orang di sekitarnya untuk mencapai tujuan.

Tentang timbulnya seorang pemimpin oleh para ahli kepemimpinan telah dikemukakan beberapa teori yang berbeda-beda. Diantara teori yang lazim kita jumpai adalah:

1. Teori Genetis
Penganut teori ini mengatakan bahwa seseorang menjadi pemimpin karena ia telah dilahirkan dengan bakat-bakat kepemimpinan. Karena bakat pemimpin itu telah dibawa sejak ia dilahirkan, maka dari ajaran teori ini kalau orang tuanya pemimpin, maka anak turunnya juga berhak menjadi pemimpin, sebab di dalam diinya dianggap pewais kemampuan memimpin. Teori ini biasanya dianut dijaman feodal dan raja-raja.

2. Teori Sosial
Inti ajaran Teori sosial ini adalah "Leaders are made and not born". Jadi merupakan kebalikan dai teori genetis. Yang berarti bahwa, bakat-bakat kepemimpinan seseorang itu timbul bukan karena keturunan (heriditas) tetapi karena pengaruh situasi dan kondisi masyarakat. Yang terutama pengaruh pendidikan dan pengalaman dalam masyarakat serta adanya kesempatan yang cukup untuk menjadi pemimpin. 

Konsep timbulnya Seorang Pemimpin

3. Teori Ekologis
Karena kedua teori di atas tidak seluruhnya mengandung kebenaran, maka sebagai reaksi yang kedua teori tersebut timbullah teori ketiga yang disebut teori ekologis. Yang pada hakikatnya berarti bahwa seseorang hanya akan berhasil menjadi pemimpin yang baik apabila ia pada waktu lahirnya telah memiliki bakat-bakat mana kemudian dikembangkan melalui pendidikan yang teratur dan pengalaman-pengalaman yang memungkinkannya untuk mengembangkan lebih lanjut bakatbakat yang memang telah dimiliki sejak lahir.

Teori ini pada pinsipnya merupakan penggabungan segi-segi positif dari kedua teori yang telah dikemukakan kebenaran-kebenaran yang terdapat pada teori genetis dan teori sosial.

Sumber:
Dr. Hery Sawiji, M.Pd. (Dosen S-1 dan S-2 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS)
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment