Friday, December 13, 2013

Pemasaran Jasa

By
Segitiga menggambarkan tiga kelompok saling berhubungan bekerja sama untuk mengembangkan, mempromosikan dan menyampaikan jasa.

Antara ketiga poin ini, tiga tipe pemasaran harus dijalankan agar jasa dapat disampaikan dengan sukses: external marketing, interactive marketing dan internal marketing.

Service Triangle
Jasa adalah setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan (Kotler & Keller, 2006).

Jasa pada dasarnya adalah seluruh aktivitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada saat bersamaan, memberikan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud bagi pembeli pertamanya (Zeithaml & Bitner, 2003).

Kesimpulan: Jasa adalah 1) suatu yang tidak berwujud, 2) Proses produksi jasa dapat menggunakan atau tidak menggunakan bantuan suatu produk fisik, 3) Jasa tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikan, dan 4) Terjadi antara penyedia dengan pengguna jasa.

Menurut Zeithaml & Bitner (2003) jasa memiliki 4 ciri utama, yaitu:
1. Tidak berwujud
2. Tidak terpisahkan
Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya, yaitu perusahaan jasa yang menghasilkannya. Jasa diproduksi dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan.
3. Bervariasi
Jasa yang diberikan sering kali berubah-ubah tergantung siapa yang menyajikannya, kapan dan dimana jasa tersebut dilakukan.
4. Mudah musnah
Jasa tidak dapat disimpan sehingga tidak dapat dijual pada masa yang akan datang.

Perbedaan antara barang dan jasa menyebabkan strategi pemasaran yang digunakan juga berbeda. Pemasaran jasa akan menghadapi tantangan berhubungan dengan pemahaman mengenai keinginan dan harapan konsumen terhadap jasa yang ditawarkan, menawarkan jasa yang tidak nyata menjadi nyata, dan memenuhi janji kepada pelanggan.

Kelanjutan materi ini kami tampilkan dalam screenshot powerpoint berikut ini:



Apabila pembaca menginginkan file tersebut, silakan mengirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (FREE!!!) Terima kasih.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment