Tuesday, December 24, 2013

Contoh Model Evaluasi Materi Permintaan dan Penawaran

By
Permintaan dan Penawaran merupakan salah materi dasar dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi. Materi ini tentunya juga sudah pernah didapatkan sewaktu di bangku SMA. Namun, terkadang mahasiswa masih sulit untuk memahami konsep-konsep yang ada di dalamnya.

Pengalaman ini saya temui sendiri ketika mengajar di salah satu Perguruan Tinggi Swasta untuk kelas Non Reguler (mayoritas mahasiswa sudah berusia lanjut). Mahasiswa saya tersebut masih agak sulit untuk memahami beberapa konsep dalam materi Permintaan dan Penawaran tersebut.

Kemudian mencoba menggunakan salah satu Model Pembelajaran Efektif, dalam hal ini khususnya terkait dengan Model Evaluasi yang Efektif, yaitu Model Course Review Horay. Saya menggunakan model ini dengan satu alasan utama yaitu, memberikan evaluasi bagi mahasiswa tetapi dikemas seperti sebuah game yang menyenangkan.

Hasilnya pun lumayan baik, dalam artian mahasiswa lebih mudah menangkap dan memahami materi Permintaan dan Penawaran. Adapun langkah-langkah dalam model ini adalah sebagai berikut:
  1. Dosen/Guru menyampaikan materi kepada mahasiswa/siswa (dalam hal ini adalah materi permintaan dan penawaran) 
  2. Dosen/Guru memberikan kesempatan kepada mahasiswa/siswa untuk tanya jawab 
  3. Mahasiswa/siswa diminta membuat kotak sebanyak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan, bisa juga kotak tersebut sudah disiapkan oleh Dosen/Guru yang bersangkutan. 
  4. Setiap kotak diberi nomor sesuai dengan keinginan mahasiswa/siswa. 
  5. Dosen/Guru membaca soal secara acak dan mahasiswa/siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya sesuai dengan yang disebutkan dosen/guru.
  6. Soal tersebut langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (√) dan salan diisi tanda silang (x). 
  7. Siswa yang sudah mendapat tanda √ vertikal atau horisontal atau diagonal harus berteriak horay atau yel-yel lain. 
  8. Nilai mahasiswa/siswa dihitung dari jumlah jawaban yang benar dan horay yang diperoleh
Contoh kotak dan pertanyaannya adalah sebagai berikut: (materi Permintaan dan Penawaran)

Contoh Model Evaluasi Materi Permintaan dan Penawaran
Contoh Kotak, Nomor diisi oleh siswa


Contoh Soal, dibacakan secara acak oleh Dosen/Guru

Contoh kotak dan pertanyaan tadi sudah saya kemas di dalam sebuah file powerpoint, apabila pembaca ingin mendapatkan file tersebut silakan mengirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (FREE!!)
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment