Wednesday, November 13, 2013

Merancang Komunikasi Pemasaran

By
Stimuli pemasaran adalah semua bentuk komunikasi atau stimuli fisik yang dimaksudkan untuk mempengaruhi konsumen. Produk dan unsur-unsurnya, yakni kemasan, isi, ciri-ciri fisik produk merupakan stimuli primer.

Komunikasi yang dirancang untuk mempengaruhi perilaku konsumen disebut stimuli sekunder, baik dalam bentuk kata-kata, gambar dan pencitraan atau dalam bentuk stimuli lain yang berkaitan dengan produk, misalnya harga, display toko dan efek wiraniaga.

Ciri-ciri stimulus yang mempengaruhi konsumen
Ciri-ciri stimulus yang mempengaruhi konsumen merupakan unsur indrawi yang terdiri dari: warna, bau, rasa, bunyi, dan raba.

Karakteristik konsumen yang mempengaruhi persepsi
Dua karakteristik penting yang turut mempengaruhi persepsi konsumen terhadap stimuli adalah emampuan konsumen membedakan stimuli dan kemampuan menggeneralisasi dari satu stimulus ke stimulus lainnya.

Kemampuan membedakan stimuli merupakan hal yang dapat dipelajari. Umumnya konsumen yang loyal akan lebih mampu mengenali perbedaan-perbedaan kecil dalam karakteristik produk berbagai merek.

Kelanjutan materi ini ditampilkan dalam screenshot power point berikut ini:

Merancang Komunikasi Pemasaran

Merancang Komunikasi Pemasaran

Apabila menginginkan kelanjutan materi ini dalam bentuk PPT, silakan mengirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (FREE!!!) sertakan judul materinya.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment