Friday, November 29, 2013

Model Ekonomi: Circular-Flow Diagram (Diagram Arus Melingkar)

By
Seperti ilmu yang lain, dalam ilmu ekonomi juga ada model yang digunakan. Sebagai contoh, dalam ilmu biologi seringkali seorang guru menggunakan alat peraga tubuh manusia yang terbuat dari plastik.

Model tubuh manusia tersebut merupakan model dalam ilmu biologi. Model tersebut menampilkan bagian-bagian penting dari tubuh manusia, seperti jantung, ginjal, usus, dan sebagainya.

Namun, model tersebut tidak secara keseluruhan menampilkan bagian-bagian tubuh manusia. Pastinya ada beberapa hal detail yang tidak ditampilkan dalam model tersebut. Meskipun demikian, model tubuh manusia yang terbuat dari plastik tersebut sangat bermanfaat dalam mempelajari organ tubuh manusia.

Seperti halnya dalam ilmu biologi tersebut, di dalam ilmu ekonomi juga digunakan model untuk memudahkan memahami konsep-konsep yang ada dalam ilmu ekonomi. Model tersebut tidak terbuat dari plastik, tetapi dalam bentuk diagram.

Model ekonomi juga tidak menunjukkan semua hal yang ada di dalam sebuah perekonomian. Hanya hal-hal yang penting saja yang ditampilkan, untuk memudahkan kita dalam memahami konsep-konsep di dalam ilmu ekonomi tersebut.

Terdapat dua model di dalam ilmu ekonomi, yaitu Circular-Flow Diagram (Diagram Arus Melingkar) dan Production Possibilities Frontier (Kurva Kemungkinan-kemungkinan Produksi).

Model pertama (Circular-Flow Diagram) akan kita bahas dalam artikel ini, sedangkan model kedua (Production Possibilities Frontier) sudah pernah kita bahas dalam artikel terdahulu, yang bisa anda lihat di sini.

The circular-flow diagram is a visual model of the economy that shows how dollars flow through markets among households and firms (Mankiw, 2012). (Diagram arus melingkar merupakan sebuah model visual perekonomian yang menunjukkan bagaimana uang mengalir ke pasar melalui rumah tangga dan perusahaan).

Diagram arus melingkar ditunjukkan dalam gambar berikut ini:

Model Ekonomi: Circular-Flow Diagram (Diagram Arus Melingkar)
Circular-Flow Diagram (Diagram Arus Melingkar)
Dalam model ini, pelaku ekonomi disederhanakan menjadi dua pelaku ekonomi saja, yaitu perusahaan (firms) dan rumah tangga (households). Model diagram arus melingkar menunjukkan interaksi antara rumah tangga dan perusahaan tersebut.

Perusahaan menghasilkan produk (bisa berupa barang atau jasa) menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga. Faktor-faktor produksi tersbut bisa berupa tenaga kerja, tanah dan modal (gedung/bagunan, peralatan dan mesin).

Rumah tangga mendapatkan pendapatan dari perusahaan karena menjual/menyewakan faktor-faktor produksi tersebut. Setelah itu, produk yang dihasilkan perusahaan tadi dijual oleh perusahaan lalu dibeli oleh rumah tangga. Perusahaan mendapatkan penerimaan dari pengeluaran rumah tangga untuk membeli produk (barang dan jasa) tersebut.

Referensi:
Mankiw, N. Gregory. 2012. Principles of Microeconomics: 6th Edition. South-Western Cengage Learning.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment