Saturday, November 9, 2013

Kreativitas dan Inovasi Wirausaha

By
Kreativitas dan Inovasi merupakan hal yang sangat berkaitan dengan seorang wirausaha. Bahkan dapat dikatakan bahwa salah satu modal utama wirausaha adalah kreatif dan inovatif.

Mungkin muncul suatu pertanyaan di benak pembaca sekalian tentang perbedaan dari kreativitas dan inovasi. Dua hal tersebut memang sering digunakan bersama, dan bisa dikatakan bahwa kreatif merupakan partner dari inovatif.

Meskipun sering digunakan bersama, tetapi sebenarnya kreativitas dan inovasi memiliki perbedaan. Sebelum membahas perbedaan kreativitas dan inovasi, kita bahas terlebih dahulu tentang definisi dari dua hal tersebut.

Menurut Zimmerer dalam Buchari Alma (2010) creativity is the ability to develop new ideas and to discover new ways of looking at problems and opportunities. Sedangkan menurut Buchari Alma (2010) sendiri kreativitas adalah menghadirkan suatu gagasan baru bagi anda.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kreativitas merupakan suatu gagasan / ide / pemikiran seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Innovation is the ability to apply creative solutions to those problems and opportunities to enhance or to enrich people’s lives (Buchari Alma, 2010). Sedangkan menurut Carol Kinsey Goman dalam Buchari Alma (2010) inovasi adalah penerapan secara praktis gagasan yang kreatif.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa inovasi merupakan tindak lanjut kreativitas. Inovasi merupakan kemampuan untuk menerapkan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru dan berbeda.

Perlu Diperhatikan!!
Sesuatu yang baru dalam konsep tersebut tidak harus sesuatu yang benar-benar baru, tetapi bisa juga sesuatu yang telah ada (lama) yang diperbaharui.

Kesimpulan
Kesimpulan dari pembahasan ini adalah bahwa kreativitas adalah Thinking New Thing, sedangkan inovasi adalah Doing New Thing.

Referensi:
Buchari Alma. 2010. Kewirausahaan: untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment