Sunday, April 10, 2016

Model Pembelajaran Efektif, Inovatif dan Interaktif: Talking Stick

By
Salah satu indikator kompetensi guru dalam proses pembelajaran adalah kemampuan menghidupkan suasana kelas. Menghidupkan suasana kelas bukanlah suatu perkara yang mudah karena keberagaman karakteristik peserta didik yang ada.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menghidupkan suasana kelas, salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran inovatif. Banyak sekali model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan oleh seorang guru dalam upaya menghidupkan suasana kelas, beberapa diantaranya pernah kita bahas dalam artikel terdahulu, yaitu examples non examples dan picture and picture.

Termasuk dalam model pembelajaran inovatif tersebut adalah Model Pembelajaran Talking Stick. Dalam model pembelajaran talking stick ini proses pembelajaran dikemas dalam sebuah permainan, sehingga dapat menciptakan susana yang menyenangkan. Namun, tetap menjaga keefektivan penyampaian materi.

Sesuai dengan namanya, model pembelajaran talking stick merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang menggunakan bantuan stick (tongkat), dimana tongkat tersebut diputarkan oleh siswa, biasanya sembari diiringi oleh iringan musik, dan ketika musik dihentikan siswa yang terakhir memegang tongkat  akan diberi pertanyaan oleh gurunya.

Ilustrasi Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick via mursidahv.blogspot.com
Lebih detailnya, berikut ini kami sajikan beberapa hal yang diperlukan dan langkah-langkah penerapan model pembelajaran talking stick.

Hal-hal yang Perlu Disiapkan
Apabila anda ingin menerapkan model pembelajaran talking stick ini, beberapa hal yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:
  1. Stick (Tongkat) yang nanti diputar berkeliling, dari satu siswa ke siswa lain. Stick ini bisa juga digantikan dengan spidol (saya seringkali menggunakan spidol ketika menerapkan model pembelajaran talking stick ini)
  2. Laptop yang digunakan untuk menampilkan pertanyaan dan untuk memutar file musik
  3. Spekaer sebagai pengeras suara agar file musik yang diputar dapat didengar oleh semua siswa

Langkah-langkah Model Pembelajaran Talking Stick
Adapun langkah-langkah model pembelajaran talking stick ini adalah sebagai berikut:
  1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
  2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi. (Bisa juga model pembelajaran ini diterapkan untuk mengevaluasi materi yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya, sehingga guru tidak perlu menyampaikan materi lagi)
  3. Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
  4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa untuk diputar keliling sembari guru memutar file musik, ketika file musik dihentikan siswa yang memegang tongkat tersebut harus pertanyaan dari guru, dan jawaban dari siswa tersebut langsung dibahas, kemudian file musik diputar lagi dan tongkat pun diputar ke siswa lain, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
  5. Guru memberikan kesimpulan
  6. Evaluasi dan Penutup
Demikian sedikit informasi tentang model pembelajaran talking stick, semoga bisa membantu para guru dalam upaya meningkatkan kualitas proses mpembelajaran. Selamat mencoba…
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment