Monday, November 3, 2014

Perspektif Behavioristik pada Pembelajaran

By
Pada tahun 1950, B.F. Skinner, seorang psikolog dari Harvard University, melakukan studi ilmiah tentang perilaku yang dapat diamati. Dia adalah seorang pendukung behavioristik. Dia tertarik pada perilaku sukarela, seperti yang digambarkan oleh air liur anjing terkenal Pavlov.

Dia menunjukkan bahwa pola perilaku suatu organisme dapat dibentuk oleh penguatan, atau penghargaan, respon yang diinginkan terhadap lingkungan. Skinner berdasarkan teori pembelajarannya, yang dikenal sebagai teori penguatan, pada serangkaian percobaan dengan merpati, dan ia beralasan bahwa prosedur yang sama dapat digunakan pada manusia.

Hasilnya adalah munculnya pengajaran yang diprogramkan, teknik memimpin seorang peserta didik melalui serangkaian langkah-langkah pembelajaran ke tingkat kinerja yang diinginkan. Tidak seperti penelitian pembelajaran sebelumnya, karya Skinner ini sangat logis dan tepat, yang mengarah langsung ke peningkatan desain instruksional.

Kaum Behavioristik menolak untuk berspekulasi tentang apa yang terjadi secara internal pada saat pembelajaran berlangsung. Mereka hanya mengandalkan pada perilaku yang dapat diamati. Akibatnya, mereka lebih nyaman menjelaskan tugas-tugas belajar yang relatif sederhana. Karena sikap ini, behavioristik telah membatasi aplikasi dalam merancang pengajaran keterampilan tingkat yang lebih tinggi.

Sumber gambar: e-learning-teknologi.blogspot.com
Misalnya, kaum Behavioristik enggan untuk membuat kesimpulan tentang bagaimana peserta didik memproses informasi, bahkan ketika dengan melakukan hal itu dapat membantu dalam merancang pengajaran yang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Prinsip behavioristik saat ini diterapkan pada pembelajaran berbasis komputer dan program berbasis Web.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment