Wednesday, November 5, 2014

Perspektif Kognitif tentang Pembelajaran

By
Selain Perspektif Behavioristik, terdapat pula Perspektif Kognitif tentang Pembelajaran. Pada paruh kedua abad 20, kognitif memberikan sumbangan untuk teori pembelajaran dan desain instruksional dengan menciptakan model bagaimana peserta didik menerima, memproses, dan mengubah informasi.

Kognitif didasarkan pada karya psikolog Swiss, Jean Piaget (1977). Psikolog kognitif menjelajahi proses mental individu yang digunakan dalam menanggapi lingkungan mereka.

Kognitif berkaitan dengan bagaimana orang berpikir, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Misalnya, behavioristik hanya menyatakan bahwa praktek memperkuat respons terhadap stimulus.

Kognitif membuat model mental memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Informasi baru disimpan dalam memori jangka pendek, di mana ia "dilatih" sampai siap untuk disimpan dalam memori jangka panjang. Jika informasi tidak dilatih, ia menghilang dari memori jangka pendek.

Peserta didik kemudian menggabungkan informasi dan keterampilan dalam memori jangka panjang untuk mengembangkan strategi kognitif, atau keterampilan untuk menghadapi tugas yang kompleks.

Jean Piaget - Sumber gambar: www.biography.com
Kognitif memiliki persepsi pembelajaran yang lebih luas daripada persepsi behavioristik: Siswa tidak selalu bergantung pada bimbingan guru dan lebih mengandalkan strategi kognitif mereka sendiri dalam menggunakan sumber belajar yang tersedia.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment