Sunday, November 30, 2014

Asal Kata dan Definisi Komunikasi

By
Asal Kata Istilah Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin communicare yang berarti menyebarluaskan atau memberitahukan. Dari perkataan communicare tersebut, maka terjemahan kata communis / communal yang mengandung arti milik bersama atau kebersamaan yang secara umum dapat dikatakan sebagai berlaku di mana-mana/umum sifatnya.

Dalam bahasa Inggris istilah yang mempunyai arti identik dengan itu adalah "communication" yang diartikan sebagai suatu proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung arti. Dari istilah bahasa Inggris communication itulah yang kemudian terjadilah kata komunikasi yang diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menyampaikan ide, pikiran, gagasan dari seseorang kepada orang lain.

Definisi Komunikasi
Hampir di setiap media komunikasi (surat kabar, majalah dsb.) banyak kita jumpai adanya berbagai macam informasi, baik itu berupa pemberitahuan, ajakan maupun himbauan. Misalnya pemberitahuan tentang kasus korupsi, himbauan dari Bapak Gubernur Jawa Tengah tentang penegakan disiplin, dan lain sebagainya. Ini semua adalah merupakan manifestasi (wujud) dari kegiatan komunikasi.

Bertitik tolak dari hal di atas, maka timbullah prakarsa (keinginan) untuk menjelaskan apa sebenarnya komunikasi itu.

1. Menurut Ensiklopedi Administrasi
Communication (komunikasi) adalah suatu proses penyam-paian berita dan ide dari suatu sumber berita ke suatu tempat tujuan.

2. Philip Astrid S. Susanto dalam bukunya yang berjudul "Komunikasi dalam teori dan Praktek".
Komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung arti.

Sumber gambar: m.kabar24.com
3. Menurut C J Houland
Komunikasi diartikan sebagai rangsangan-rangsangan yang biasanya dengan lambang kata-kata dengan maksud untuk mengubah sikap orang lain.

4. Menurut Oxford Dictionary
Communication is the sending or exchange of information idea, etc. Yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih pengiriman atau tukar menukar informasi, ide, dan sebagainya.

5. Keith Davis dalam bukunya yang berjudul "Human Relations at Work".
Communication is the process of passing information and understanding from one person to another. Yang kurang lebih mengandung arti komunikasi adalah proses jalur informasi dan pengertian dari seseorang ke orang lain.

6. Benny Kaluku
Komunikasi adalah proses penyampaian pengertian dan mengandung semua unsur prosedur yang dapat mempertemukan suatu pemikiran dengan pemikiran lainnya.

7. Communicative Skill (Air University USA)
Communication is the process that has three components. The first is a communicator, some one with a meaning to transmits. The second is a symbol to transmit the meaning. The third is a receptor some one to receive the symbol and translate it into meaning. Artinya kurang lebih komunikasi adalah suatu proses yang mempunyai tiga komponen. Pertama, komunikator yaitu seseorang yang memindahkan arti. Kedua simbol untuk memindahkan arti. Ketiga penerima yaitu seseorang yang menerima simbol dan menterjemahkan artinya.

Dari beberapa definisi komunikasi seperti tersebut di atas dapatlah disimpulkan bahwa:
  1. Komunikasi itu merupakan suatu penyampaian pengertian dari seseorang kepada orang lain 
  2. Penyampaian tersebut menggunakan berbagai macam lambang 
  3. Penyampaian tersebut merupakan suatu proses
Dengan demikian dapat dirumuskan bahwa komunikasi itu merupakan penyampaian pengertian dari seseorang kepada orang Iain, dengan menggunakan berbagai macam lambang-lambang dan penyampaian tersebut merupakan suatu proses. Atau dengan kata lain, komunikasi merupakan suatu proses penyampaian ide, pengertian, gagasan dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan berbagai macam lambang.

Sumber:
Dr. Hery Sawiji, M.Pd. (Dosen S-1 dan S-2 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS)
dalam bukunya yang berjudul Manajemen Perkantoran
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment