Proses Komunikasi dalam Pembelajaran

Posted by Budi Wahyono on Friday, January 18, 2013

Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses komunikasi. Melalui proses komunikasi, pesan dapat diterima, diserap, dan dihayati penerima pesan, maka agar tidak terjadi kesalahan dalam proses komuniaksi, perlu digunakan sarana yang dapat membantu proses komunikasi. Dalam pembelajaran dikelas, sarana/fasilitas alat yang digunakan untuk memperlancar komunikasi disebut dengan media pembelajaran. Komponen yang terdapat dalam proses komunikasi adalah pesan, sumber pesan, saluran atau media, dan penerima pesan.

Dalam proses pembelajaran, jika dikaitkan dengan komponen komuniksi diatas, maka komponen yang terdapat pada aktivitas atau proses pembelajaran pada prinsipnya sama dengan komponen komunikasi. Artinya pada proses pembelajaran telah menjalankan proses komunikasi tersebut. Komponen yang terdapat dalam pembelajaran sebagai komunikasi adalah: (a) pengajar dapat menjalankan fungsinya sebagai pemberi pesan / komunikator, (b) pembelajar sebagai penerima pesan, (c) materi pelajaran sebagai pesan, (d) alat bantu pembelajaran sebagai saluran atau media pembelajaran, (e) ada faktor lain dalam pembelajaran adalah umpan balik yang manifestasinya berupa pertanyaan, jawaban, dan persilangan pendapat, baik dari pembelajar maupun pengajar.

Apabila proses pembelajaran adalah komunikasi, maka pertama, pesan yang aakan dikomunikasikan adalah isi pelajaran yang terdapat dalam kurikulum. Kedua, sumber pesan, dapat saja pengajar, pembelajar, penulis buku, ataupun orang lain. Pada posisi ini, pembelajar, dapat saja sebagai sumber pesan dalam proses pembelajaran dan pengajar dapat menerima informasi dari pembelajar dan komunikasi yang terjadi adalah komunikasi timbale balik dan posisi pengajar tentun saja sebagai penerima pesan. Ketiga, penerima pesan adalah pembelajar. Dalam proses belajar dapat saja pembelajar sebagai penerima pesan dan juga sebagai pemberi pesan kepada pengajar. Keempat, saluran yang digunakan. Dalam pembelajaran dapat menggunkan alat-alat Bantu pembelajaran atau media pembelajaran, yang disebut dalam komponen komunikasi adalah saluran.

Pengajar perlu mengetahui dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar dalam proses pembelajaran. Seorang pengajar biasanya mampu berkomunikasi secara baik dengan siapapun, baik dengan pembelajarannya, maupun dengan sesame koleganya. Selain keterampilan dasar komunikasi pengajar juga harus mampu mendesain dan menggunakan metode pemberian tugas kepada pembelajar, sebab tugas dapat membuat proses belajar menjadi menyenangkan, efektif, dan efisien.

Tugas dapat pula memberi kesempatan kepada pebelajar untuk menerima informasi baru, mengaplikasikan, menganalisis, bahkan mengevaluasi informasi tersebut. Manfaat lain dari pemberian tugas adalalah menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada pembelajar. Dalam posisi ini, ada tiga peran pengajar dalam pemberian tugas, yaitu: pengajar sebagai perencana, pengajar sebagai fasilisator, dan pengajar sebagai evaluator. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment