logo blog
Selamat Datang Di Blog Pendidikan Ekonomi
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Pendidikan Ekonomi.
Semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Media Pembelajaran PowerPoint Presentations

Dalam memudahkan penyampaian informasi (materi kuliah) kepada siswa, dan agar proses pembelajaran berjalan efektif sebaiknya guru memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran merupakan perantara antara guru dengan siswanya. Dengan media pembelajaran yang tepat, guru akan lebih mudah menyampaikan informasi dan siswa lebih mudah menerima informasi tersebut.

Sri Anitah (2011) mengatakan bahwa media berasal dari bahasa Latin, yang merupakan bentuk jamak dari kata medium, yang berarti sesuatu yang terletak di tengah (antara dua pihak) atau suatu alat. Media juga dapat diartikan sebagai perantara antara dua pihak, yaitu antara sumber pesan dengan penerima pesan. Sehingga, media pembelajaran berarti sesuatu yang mengantarkan pesan pembelajaran antara pemberi pesan kepada penerima pesan.

Pada hakekatnya pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru (pemberi pesan) dengan siswa (penerima pesan). Kegiatan belajar melalui media terjadi bila ada komunikasi antar penerima pesan (P) dengan sumber (S) lewat media (M) tersebut. Namun proses komunikasi itu sendiri baru terjadi setelah ada feedback (Tejo Nurseto, 2011). Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat untuk menghantarkan pesan atau materi pembelajaran.

Microsoft Office PowerPoint merupakan software presentasi yang diproduksi oleh Microsoft Corporation. Setelah Microsoft memperkenalkan software presentasinya tersebut kemudian muncul istilah “PowerPoint Presentation”. Sebagaimana dikatakan oleh Wendy Russell (2012) “The term PowerPoint presentations was coined when Microsoft introduced its software program PowerPoint. PowerPoint is commonly used by presenters as a digital aid when presenting their topic to an audience”. Sehingga istilah PowerPoint Presentation dapat diartikan sebagai sebuah presentasi yang dibuat dengan menggunakan software Microsoft PowerPoint. Hal ini juga dikatakan oleh Phaedra Krizo (2012) “A PowerPoint presentation is a presentation created using Microsoft PowerPoint software. The presentation is a collection of individual slides that contain information on a topic. PowerPoint presentations are commonly used in business meetings and for training and educational purposes”.

Pada awalnya PowerPoint ini digunakan sebagai software presentasi di dunia bisnis, tetapi dengan cepat PowerPoint merambah ke dalam dunia pendidikan dan digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas, tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia. Sebagaimana pernyataan Nguyen Thi Quynh Anh (2011) “PowerPoint presentations nowadays has been under consideration in the worldwide realm of education”.

Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa PowerPoint Presentations merupakan file presentasi yang dibuat dengan software Microsoft PowerPoint. File presentasi tersebut digunakan oleh guru atau dosen sebagai media pembelajaran di dalam kelas.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012 - 2014. Pendidikan Ekonomi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger