Sunday, February 26, 2017

Contoh Soal OSN Ekonomi SMA tingkat Kabupaten/Kota dan Pembahasannya Bagian 6

By
Pada artikel bagian 6 ini kita akan membahas beberapa contoh soal OSN Ekonomi SMA dalam Bahasa Inggris. Beberapa contoh soal tersebut kami ambilkan dari “Soal Seleksi Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota 2016 Bidang Ekonomi”.

Kami langsung mengambil 4 soal pertama yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Kami akan membahas satu per satu, tiap satu soal langsung diikuti dengan pembahasannya. Baik, empat soal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Soal Pertama
Fundamental economic problems basically arise from …
A. The fact that society has more than it needs
B. Turmoil in the stock market
C. The unequal distribution of income
D. Our want exceed our scare resources
E. Differences of resources

Pembahasan
Pertanyaan pertama tersebut berkaitan dengan permasalahan pokok ekonomi. Ditanyakan dalam soal bahwa permasalahan pokok ekonomi muncul akibat …? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena adanya kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, namun alat pemuas kebutuhannya (sumber dayanya) yang terbatas. Sehingga jawaban yang tepat adalah pilihan (D) Our want exceed our scare resources.

Soal Kedua
In what kind of economy does the government make all decisions?
A. Mixed economy
B. Centrally planed
C. Socialist
D. Free enterprise
E. Traditional

Pembahasan
Soal kedua berbicara mengenai sistem perekonomian. Pertanyaan yang disampaikan adalah dalam sistem ekonomi apa, pemerintah membuat/menguasai semua keputusan/kebijakan? Jawabannya sudah jelas adalah sistem ekonomi komando, atau disebut juga (B) Centrally planed.

Soal Ketiga
What best describes the role of the government in a free market system?
A. Requires the companies to disclose information to consumers
B. Decide what companies will be formed and then allow the managers to run them
C. Allow the individual to operate their businesses in ways they think will maximize their profits
D. Control businesses activities
E. To make buyers more knowledgeable and safer

Pembahasan
Soal ketiga masih seputar sistem perekonomian seperti halnya pada soal kedua. Namun, dalam soal ketiga ini yang ditanyakan adalah wujud peran pemerintah dalam sistem perekonomian bebas/liberal. Jawabannya adalah membiarkan setiap individu mengelola usahanya, agar individu tersebut mampu memaksimalkan keuntungannya sendiri atau (C) Allow the individual to operate their businesses in ways they think will maximize their profits.

Soal Keempat
The negative slope of the production possibility curve illustrates that …
A. Some resources are always unemployed
B. When resources are fully employed, an economy can produce more of one thing only by producing less of something else
C. Opportunity cost are constant
D. Business can sell more when prices are low
E. We need to buy more things to get rich

Pembahasan
Soal keempat ini membahas tentang kurva kemungkinan produksi (production possibility curve). Production possibility curve merupakan “a graph that shows the combinations of output that the economy can possibly produce given the available factors of production and the available production technology” (Mankiw, 2012). 

Production possibility curve menunjukkan jumlah maksimum produksi yang dapat dicapai suatu perekonomian, dengan pengetahuan teknologi & jumlah input yang tersedia. Production possibility curve merupakan grafik yang memperlihatkan semua kombinasi barang dan jasa yang bisa diproduksi dengan memakai sumber daya masyarakat secara efisien.

Gambar 1. Production Possibility Curve
Salan satu ciri production possibility curve adalah slope-nya negatif. Slope negatif ini menunjukkan interaksi jumlah produksi 2 barang yang berbeda, yang berarti bahwa ketika produsen ingin menambah produksi barang A maka produsen tersebut harus mengurangi jumlah produksi barang B. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal keempat ini adalah (B) When resources are fully employed, an economy can produce more of one thing only by producing less of something else.

Demikian pembahasan mengenai contoh Soal OSN Ekonomi SMA tingkat Kabupaten/Kota dan Pembahasannya Bagian 6. Tunggu artikel kami di bagian-bagian selanjutnya.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment