Monday, February 20, 2017

Contoh Soal OSN Ekonomi SMA tingkat Kabupaten/Kota dan Pembahasannya Bagian 5

By
Pembahasan contoh soal OSN Ekonomi SMA kali ini berkaitan dengan garis anggaran atau (budget constraint). Adapun contoh soalnya kami ambilkan dari soal Seleksi Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota 2014 Bidang Ekonomi.

Berikut contoh soalnya:
Dalam kasus berikuti ini akan terjadi pergeseran garis anggaran (untuk barang x dan barang Y) ke kanan atas tanpa adanya perubahan slope (kemiringan garis), yakni ....
a. harga X naik 10% dan Y turun 10%
b. harga X dan Y turun 10%
c. harga X dan Y naik 10 %, pendapatan nominal turun 5%
d. harga X dan Y turun 10%, pendapatan nominal turun 10%
e. harga X dan Y naik 10%, pendapatan nominal turun 10%
Jawaban:
Jawaban dari soal di atas adalah B (harga X dan Y turun 10%)

Pembahasannya adalah sebagai berikut:
Pertama, kita perlu mengetahui definisi garis anggaran. Artikel mengenai garis anggaran pernah kami bahas di sini. Dalam artikel tersebut yang dimaksud garis anggaran adalah “the limit on the consumption bundles that a consumer can afford” (Mankiw, 2012: 440). Apabila diterjemahkan, kurang lebih: Garis Anggaran adalah berbagai kemungkinan kombinasi konsumsi yang mampu diperoleh konsumen dengan pendapatannya.

Garis anggaran menggambarkan jumlah kombinasi 2 barang yang dapat dibeli oleh seseorang dengan sejumlah pendapatannya pada tingkat harga tertentu. Gambar garis anggaran adalah sebagai berikut:


Misalnya kita kaitkan gambar 1 di atas dengan contoh soal OSN yang kita bahas. Mie Ayam kita asumsikan dengan barang X, sedangkan Jus Alpukat adalah barang Y. Kita coba analisis satu per satu dari 5 pilihan jawaban yang tersedia.

1. Pilihan Jawaban (A) harga X naik 10% dan Y turun 10%
Apabila harga barang X naik 10% maka garis anggaran akan berotasi ke dalam pada sumbu Jml Mie Ayam, sedangkan ketika harga barang Y turun 10% maka garis anggaran akan berotasi ke luar pada sumbu Jus Alpukat. Sehingga dalam kondisi seperti ini akan terjadi perubahan slope (kemiringan) garis anggaran.

2. Pilihan Jawaban (B) harga X dan Y turun 10%
Ketika harga barang X dan Y sama-sama turun 10% maka garis anggaran akan bergeser ke kanan atas tanpa disertai perubahan slope (kemiringan). Kondisi seperti inilah yang dimaksud dalam soal (jawaban yang benar).

3. Pilihan Jawaban (C) harga X dan Y naik 10 %, pendapatan nominal turun 5%
Ketika harga barang X dan Y naik 10% garis anggaran akan bergeser ke kiri (bawah) ditambah lagi dengan penurunan pendapatan nominal yang turun 5%, sehingga garis anggaran akan bergeser ke kiri lagi.

4. Pilihan Jawaban (D) harga X dan Y turun 10%, pendapatan nominal turun 10%
Ketika harga barang X dan Y turun 10%, harusnya garis anggaran bergeser ke kanan tanpa mengubah slope, tapi karena diikuti dengan penurunan pendapatan nominal yang juga 10%, maka posisi garis anggaran tetap (tidak bergeser).

5. Pilihan Jawaban (E) harga X dan Y naik 10%, pendapatan nominal turun 10%
Pada kondisi ini kasusnya sama dengan pilihan jawaban (C) hanya saja karena pendapatannya turun lebih besar, yaitu 10% (pada pilihan C hanya 5%). Sehingga pergeseran garis anggaran lebih ke kiri (ke bawah).

Demikian pembahasan contoh soal seleksi OSN 2014 khususnya pada topik Garis Anggaran. Semoga bermanfaat.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment