Tuesday, February 23, 2016

Keuangan itu Menarik

By
Apakah judul artikel ini terdengar seperti iklan bagi Anda? Kalaupun terdengar seperti iklan, perhatikan uraian berikut ini. Individu mungkin dihadapkan pada masalah bagaimana kelebihan penghasilan mereka akan disimpan.

Tersedia berbagai alternatif yang mungkin dipilih oleh individu tersebut. Karena mereka dihadapkan pada berbagai pilihan, mereka harus mengambil keputusan. Keputusan yang diambil merupakan keputusan keuangan.

Sebagian mungkin akan memilih untuk menyimpan kelebihan penghasilan tersebut dalam bentuk deposito rupiah, yang lainnya mungkin menyimpannya dalam bentuk deposito dollar, sedangkan di lain pihak lagi mungkin digunakan untuk membeli sebidang tanah, dan lain sebagainya.

Mengapa mereka tersebut memilih jenis penggunaan dana tertentu? Pertimbangannya tentu saja adalah penggunaan dana tersebut diharapkan akan mendatangkan keuntungan.

Demikian juga apabila seseorang memerlukan suatu aktiva tertentu (mobil, rumah) yang tidak dapat dibayar secara tunai. Individu tersebut akan mencari sumber pembiayaan yang dirasa paling menguntungkan (seperti pinjaman dengan bunga yang paling murah) untuk membiayai kebutuhannya. Berbagai contoh tersebut menunjukkan keputusan-keputusan keuangan yang sering dihadapi individu.

Sumber gambar: omegasoftindo.net

Masalah yang sama juga dihadapi oleh sebuah perusahaan. Perusahaan memerlukan berbagai kekayaan (mesin, gedung, kendaraan bermotor, persediaan bahan baku, dan sebagainya) untuk menjalankan operasinya. Untuk itu perusahaan perlu mencari sumber dana untuk membiayai kebutuhan untuk operasional tersebut. Dalam suatu organisasi, pengaturan kegiatan keuangan sering disebut sebagai manajemen keuangan.

Untuk melaksanakan manajemen keuangan tersebut perlu dipahami teori keuangan. Teori keuangan menjelaskan mengapa suatu fenomena di bidang keuangan terjadi dan mengapa keputusan keuangan tertentu perlu diambil dalam menghadapi persoalan keuangan tertentu.

Dengan kata lain, teori keuangan mencoba menjelaskan alasan pengambilan keputusan di bidang keuangan. Struktur pengambilan keputusan yang logis akan menghasilkan jawaban yang kebih baik terhadap berbagai pertanyaan normatif (seperti bagaimana seharusnya kebijakan investasi yang harus diambil), apabila pengambil keputusan mempunyai sejumlah teori positif yang mampu menjelaskan konsekuensi pilihan yang akan diambil (seperti apa dampak yang akan ditanggung apabila perusahaan merubah keputusan investasinya).

Pemahaman teori keuangan tersebut bukan hanya berguna bagi mereka yang bertanggung jawab dalam bidang keuangan pada suatau organisasi, tetapi juga untuk individu, bagi kita semua dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman teori keuangan akan memudahkan kita untuk memahami berbagai masalah keuangan yang mungkin dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itulah kita mengatakan bahwa keuangan itu menarik. Menarik untuk dipelajari, sehingga dirumuskan suatu teoti yang disebut teori keuangan, dan juga menarik untuk dipecahkan atau diselesaikan karena penuh tantangan.

Sumber:
Suad Husnan & Enny Pudjiastuti. 2015. Dasar-dasar Manajemen Keuangan: Edisi Ketujuh. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment