Tuesday, December 29, 2015

Pengertian Model Pembelajaran

By
Model Pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas. Model pembelajaran merupakan sebuah pola yang digunakan oleh seorang guru sebagai pedoman dalam proses pembelajaran.

Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Suprijono (2011) bahwa model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelompok maupun tutorial.

Pendapat senada disampaikan oleh Trianto (2010) yaitu bahwa model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial. Fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi perancang pengajar dan para guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Sumber gambar: depoknews.id
Menurut Sagala (2010) model mengajar merupakan suatu kerangka konseptual yang berisi prosedur sistematik dan mengorganisasikan pengalaman belajar siswa untuk mencapai tujuan belajar tertentu yang befungsi sebagai pedoman bagi guru dalam proes belajar mengajar.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran merupakan suatu kerangka yang digunakan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu. Model pembelajaran digunakan oleh guru sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelompok.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment