Monday, December 28, 2015

Pengertian Perseroan (Companies)

By
Pada dasarnya sebuah lembaga yang digolongkan sebagai perusahaan terdiri atas 3 jenis, yaitu Perusahaan Perorangan (Proprietorship), Kerjasama Usaha – Persekutuan (Partnerships) dan Perseroan (Companies).

Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu jenis perusahaan tersebut, yaitu perseroan (companies). Perseroan adalah perusahaan yang dimiliki oleh seorang atau lebih yang menjadi pemilik saham/sero perusahaan tersebut.

Perseroan yang relatif besar dapat menjual sahamnya ke masyarakat secara terbuka melalui bursa saham (tentunya setelah melalui persyaratan dan prosedur standar yang ada) atau menjualnya kepada siapa saja yang berminat secara tertutup.

Perusahaan yang menjual sahamnya ke masyarakat melalui pasar saham inilah yang disebut sebagai perusahaan terbuka (tbk) atau Limited (Ltd). Mungkin saja anda pernah atau bahkan sering melihat embel-embel tbk atau ltd di belakang nama sebuah perusahaan, namun anda belum mengerti maknanya apa.
Sumber: grahalegalitas.com
Yang dimaksud terbuka di sini adalah karena setiap masyarakat yang mampu membeli sahamnya adalah pemilik perusahaan. Terbatas karena tanggung jawab atas kewajiban pemilik saham hanya terbatas pada nilai saham yang dimiliki (limited liability).

Perusahaan yang bersifat tertutup sahamnya biasanya dimiliki oleh pendiri 100% atau oleh orang-orang tertentu saja. Perusahaan terbuka terbuka juga bisa dimonopoli oleh pendiri dengan cara menguasai nilai saham dengan proporsi % terbesar.

Keuntungan dan Kelemahan Perseroan
Keuntungan dari tipe perusahaan ini diantaranya adalah adanya adalah adanya tanggung jawab terbatas, skala usaha relatif besar sehingg biaya modal memungkinkan untuk ditekan serendah mungkin dan manajemen dikelola oleh orang-orang professional sehingga relatif mudah untuk dipercaya oleh pemodal baik dalam bentuk lembaga atau perorangan.

Kelemahan utama dari tipe perusahaan ini adalah struktur manajemen yang kompleks sehingga menyebabkan pengambilan keputusan relatif lambat dan mahal.

Referensi:
Putong, Iskandar. 2013. Economics: Pengantar Mikro dan Makro: Edisi 5. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment