Saturday, July 4, 2015

Penggolongan Pengecer (Retailer) Berdasarkan Lokasi Geografis dan Bentuk Pemilikan

By
Penggolongan Pengecer (Retailer) Berdasarkan Lokasi Geografis
Penggolongan pengecer menurut lokasi geografis ini mempunyai hubungan dengan pola pembelian konsumen. Secara umum dapat dikatakan bahwa perdagangan eceran ini lebih mengelompok dibandingkan dengan penyebaran penduduk.

Analisa lokasi geografis ini dapat dipakai untuk mengadakan penilaian terhadap pasar potensial secara regional dari beberapa macam barang. Berdasarkan pada lokasi geografisnya, pengecer dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu: 1) pengecer yang berada di desa dan 2) pengecer yang berada di kota.

Penggolongan Pengecer (Retailer) Berdasarkan Bentuk Pemilikan
Berdasarkan bentuk pemilikannya, pengecer dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu:

1. Toko Berangkai
Toko berangkai (corporate chain store) ini merupakan beberapa toko yang berada dalam satu organisasi, yang dimiliki oleh sekelompok orang. Masing-masing toko menjual product line yang sama, dan struktur distribusinya juga sama.

2. Toko Independen
Dalam toko independen (independent store) ini pemilik mempunyai kebebasan yang lebih besar dalam menentukan kebijaksanaan dan strateginya.

Hal ini disebabkan karena pemilik toko, juga sebagai pemimpinnya, bukanlah sekelompok orang sehingga usahanya diusahakan sendiri, tidak tergantung pada orang lain.

Penggolongan Pengecer (Retailer) Berdasarkan Lokasi Geografis dan Bentuk Pemilikan
Contoh Pengecer di Desa via rri.co.id
Sumber:
Basu Swastha. 2002. Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment