Tuesday, September 16, 2014

Pengertian dan Tujuan Pemasaran Jasa Bank

By
Pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan harus dikelola secara profesional sehingga kebutuhan dan keinginan pelanggan akan segera terpenuhi dan terpuaskan. Profesionalisme pemasaran ini tidak hanya berlaku pada perusahaan barang, melainkan berlaku pula pada perusahaan jasa termasuk bank.

Bank merupakan perusahaan jasa yang bertugas menghimpun dan menyalurkan dana dari dan ke masyarakat. Sebagaimana perusahaan jasa yang lain, bank juga harus mampu memberikan pelayanan yang baik, sehingga tercipta kepuasan pelanggan.

Untuk menciptakan kepuasan pelanggan tersebut, bank harus mampu melakukan pengelolaan pemasaran yang professional. Pengelolaan pemasaran bank yang profesional inilah yang disebut dengan nama manajemem pemasaran bank.

Kasmir (2004) menyatakan bahwa pemasaran bank adalah suatu proses untuk menciptakan dan mempertukarkan produk atau jasa bank yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cara memberikan kepuasan.

Selanjutnya Kasmir (2005) menyatakan bahwa tujuan pemasaran bank secara umum adalah untuk: 
  1. Memaksimumkan konsumsi atau dengan kata lain memudahkan dan merangsang konsumsi sehingga dapat menarik nasabah untuk membeli produk yang ditawarkan bank. 
  2. Memaksimumkan kepuasan pelanggan melalui berbagai pelayanan yang diinginkan nasabah.  
  3. Memaksimumkan pilihan (ragam produk) dalam arti bank menyediakan berbagai jenis produk bank sehingga nasabah memiliki beragam pilihan pula. 
  4. Memaksimumkan mutu hidup dengan memberikan berbagai kemudahan kepada nasabah dan menciptakan iklim yang efisien. 
Referensi:
Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.
Kasmir. 2005. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment