Monday, January 13, 2014

Kasus Perdagangan Bebas

By
Para ekonom pada masa Adam Smith memandang perdagangan bebas sebagai suatu yang ideal sehingga kebijakan perdagangan akan selalu diupayakan.

Alasan yang melatarbelakangi perdagangan bebas adalah:
1. Berdasarkan model teoretis tentang perdagangan yaitu bahwa perdagangan bebas akan menghindarkan terjadinya kerugian efisiensi yang sering kali diakibatkan oleh adanya proteksi.

2. Perdagangan bebas mampu menciptakan keuntungan tambahan yang tidak dapat diperoleh jika terjadi piuh (distorsi) produksi dan konsumsi (dua hal yang selalu mengiringi pembatasan arus perdagangan).

3. Meskipun banyak ekonom yang yakin bahwas perdagangan bebas itu merupakan kebijakan yang sempurna, namun ekonom lainnya masih mempercayai bahwa perdagangan bebas dalam berbagai hal lebih baik daripada kebijakan-kebijakan lain yang mungkin ditempuh pemerintah.

Perdagangan Bebas dan Efisiensi
Efisiensi dalam perdagangan bebas merupakan kebalikan dari analisis biaya manfaat dari tariff. Berikut ini ditampilkan grafik (kurva) kasus efisiensi perdagangan bebas.

Kasus Perdagangan Bebas

Keterangan:
Tariff menyebabkan kerugian netto bagi perekonomian yang diukur oleh dua bidang segitiga. Hal ini terjadi karena adanya distorsi terhadap rangsangan ekonomi bagi produsen maupun konsumen. Sebaliknya pergerakan menuju perdagangan bebas akan menghilangkan distorsi-distorsi tersebut dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi yang bersangkutan.

Keuntungan Tambahan dari Perdagangan Bebas
Pendapatan dari beberapa ekonom yang pro terhadap perdagangan bebas adalah perdagangan bebas akan memberikan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:
1. Memicu inovasi
Dengan memberikan insentif kepada wirausahawan untuk mengupayakan cara-cara baru untuk mengekspor/bersaing dengan impor, maka pola perdagangan bebas akan terbentuk dan mampu menawarkan peluang untuk belajar dan melakukan inovasi dibandingkan dengan peluang ketika terlaksananya manage trade yang dikendalikan oleh pemerintah.

2. Terbinanya skala ekonomis
Dengan adanya perdagangan bebas akan mengakibatkan terbinanya skala-skala produksi yang lebih efisien dalam perekonomian suatu negara, sehingga pendapatan riil akan meningkat.

Kelanjutan materi ini kami tampilkan dalam screenshot powerpoint berikut:

Kasus Perdagangan Bebas

Apabila ingin mendapatkan file tersebut (jumlah slide total adalah 24 slide), silakan kirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (FREE!!).
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment