Sunday, April 15, 2012

Tahapan Model Assure (Tahap 2 - State Objectives)

By
2. State Objectives (Menyatakan Standar dan Tujuan)
Langkah kedua dalam model Assure yaitu menyatakan standar dan tujuan belajar untuk mata pelajaran. Hal penting yang harus diperhatikan bahwa sebuah tujuan belajar merupakan pernyataan dari apa yang akan dicapai para pemelajar, bukan bagaimana mata pelajaran diajarkan.

Pentingnya Standar dan Tujuan
1. Dasar untuk Pemilihan Strategi, Teknologi dan Media
Ketika kita memiliki pernyataan yang jelas tentang apa yang peserta didik ketahui dan bisa lakukan di akhir mata pelajaran, kita bisa lebih baik dalam memilih dengan cermat strategi, teknologi dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2. Dasar untuk Penilaian
Ketika kita secara eksplisit menyatakan hasil-hasil peserta didik, kita kemudian bisa melakukan penilaian yang mengukur kemampuan dan pengetahuan sasaran dan secara langsung menyelaraskannya dengan ujian baku yang dibutuhkan.

3. Dasar untuk Ekspektasi Belajar Siswa
Peserta didik bisa lebih siap untuk dan turut serta dalam kegiatan belajar jika mereka mengetahui hasil-hasil yang diharapkan.

ABCD dari Tujuan Belajar yang Dinyatakan dengan Baik
ABCD dari tujuan yang dinyatakan dengan baik memberikan kita proses yang mudah diikuti untuk menentukan tujuan belajar.
1. Audience (Audiensi)
Tujuan belajar fokus pada apa yang para pemelajar akan ketahui dan bisa melakukannya setelah mata pelajaran usai, dan bukannya apa yang guru lakukan untuk mengajar mereka, maka penting untuk dengan jelas mengidentifikasi pemelajar sasaran.

2. Behavior (Perilaku)
Inti dari tujuan adalah kata kerja yang mendeskripsikan kemampuan baru yang para pembelajar akan miliki setelah pengajaran. Kata kerja ini adalah yang paling mungkin untuk mengomunikasikan tujuan kita dengan jelas jika dinyatakan sebagai perilaku yang bisa diamati. Kita harus berusaha mendapatkan perilaku atau kinerja siswa yang mencerminkan pemahaman mendalam dan kemampuan dunia yang sebenarnya.

3. Condition (Kondisi)
Sebuah pernyataan tujuan belajar sebaiknya menyertakan kondisi di mana kinerja akan dinilai. Dengan kata lain, materi atau piranti apa yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan untuk dipakai para siswa dalam menampilakan penguasaan tujuan tersebut.

4. Degree (Tingkat)
Persyaratan pamungkas dari sebuah tujuan yang dinyatakan dengan baik adalah bahwa tujuan itu mengindikasikan standar atau kriteria untuk menilai kinerja yang bisa diterima. Tingkat akurasi atau kefasihan seperti apa yang harus ditunjukkan oleh para pembelajar.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment