Sunday, November 13, 2016

Slide Materi Konsep Manajemen Pendidikan

By
Disadari atau tidak sebenarnya kita telah menempuh proses manajemen. Misalnya saja kita mengatur antara mengerjakan tugas kuliah atau bermain dengan teman sebaya. Dalam menentukan pilihan tersebut sebenarnya kita telah menempuh proses manajemen, begitu pula untuk berbagai pilihan lainnya.

Manajemen Pendidikan terdiri dari dua kata, Manajemen dan Pendidikan. Manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan dan keterampilan khusus yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan SUATU KEGIATAN baik secara perorangan atau bersama orang lain atau melalui orang lain dalam upaya mencapai tujuan organisasi secara produktif, efektif dan efisien. Suatu kegiatan yang dimaksud dalam paragraf di atas terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan sebagainya.

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa manajemen pendidikan merupakan proses manajemen dalam bidang pendidikan. Apabila ditulis lengkap kurang lebih pengertian manajemen pendidikan adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan usaha pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Tujuan Manajemen Pendidikan
Manajemen pendidikan memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

1. Produktivitas
Produktivitas dapat diartikan sebagai perbandingan terbaik antara hasil yang diperoleh (output) dengan jumlah sumber yang dipergunakan (input).

Kelanjutan materi ini dapat dilihat dalam screenshoot powerpoint berikut ini:




Slide materi dapat diunduh di sini!
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment