Wednesday, February 12, 2014

Tujuan Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Guru

By
Artikel yang telah lalu pernah membahas tentang Psikologi Pendidikan, yaitu terkait dengan “Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Guru dan Calon Guru”.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang Tujuan Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Guru. Artikel ini diambil dari sebuah buku Psikologi Pendidikan yang ditulis oleh Muhamad Irham dan Novan Ardy Wiyani.

Psikologi Pendidikan membahas tentang siswa dengan berbagai karakteristiknya dalam belajar dan juga guru dalam mengajar. Psikologi Pendidikan juga mengkaji bagaimana pada dasarnya proses belajar mengajar seharusnya terjadi pada siswa, sampai pada penanganan terhadap siswa yang memiliki permasalahan dalam belajar.

Oleh sebab itu, tujuan dari Psikologi Pendidikan secara umum, pada dasarnya sebagai berikut.

1. Memahami bentuk-bentuk gejala psikologis individu (siswa) secara umum dalam bentuk sikap dan tingkah laku selama mengikuti proses pembelajaran.

2. Memahami kemampuan-kemampuan dan potensi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

3. Membantu siswa mengembangkan berbagai jenis kemampuan dan potensi yang dimiliki dalam bentuk proses-proses pembelajaran yang berbasis pengembangan siswa.

Tujuan Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Guru

4. Memehami bagaimana seharusnya pelaksanaan proses belajar dan pembelajaran agar tercapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif.

5. Membantu siswa menyelesaikan program pembelajaran sehingga dengan pemahaman guru tentang psikologi pendidikan dapat memberikan bantuan pada siswa dalam menyelesaikan program-program pembelajaran sampai tuntas.

Sumber: 
Muhamad Irham & Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarya: Ar-Ruz Media.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment