Friday, November 22, 2013

Masalah Trade Off

By
Sebagaimana kita ketahui dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi, bahwa prinsip pertama dari 10 prinsip ekonomi adalah “People Face Trade-Off” atau setiap orang menghadapi masalah Trade-Off.

Lalu, sudah pahamkah anda tentang konsep Trade-Off ini??

Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Trade-Off berarti “Pertukaran”. Mungkin muncul pertanyaan di dalam benak anda, apa yang ditukar??

Kita ingat konsep kelangkaan (scarcity) yaitu bahwa keinginan manusia relatif tidak terbatas, sedangkan alat pemuas keinginan tersebut terbatas. Dengan kata lain alat pemenuhan keinginan tidak cukup untuk memenuhi semua keinginan yang tidak terbatas tersebut, sehingga untuk mendapatkan alat pemuas keinginan memerlukan pengorbanan yang lain.

Pengorbanan ini berarti kita merelakan sesuatu yang kita sukai untuk mendapatkan hal lain yang juga kita sukai. Merelakan tersebut berarti kita menukar (trade-off) satu hal untuk mendapatkan hal lain. 

Contoh:
Mungkin sering kita melihat atau mungkin pernah mengalami sendiri, misalnya ketika seorang mahasiswa diberi jatah uang saku kuliah Rp50.000,-/hari. Selain ingin membeli buku pegangan kuliah, ternyata mahasiswa tersebut juga ingin menonton film di bioskop.

Dengan uang Rp50.000,- tadi tidak mungkin mahasiswa tersebut dapat memenuhi keinginannya yaitu membeli buku sekaligus menonton film. Dalam kasus ini mahasiswa dibatasi oleh besarnya uang saku.
Masalah Trade Off
Pilih Nonton Film atau Beli Buku?
Keterbatasan (scarcity) uang saku ini mengakibatkan munculnya suatu pilihan (choice) apakah mahasiswa tersebut ingin membeli buku, tetapi tidak nonton film ataukah sebaliknya nonton film tetapi tidak bisa membeli buku.

Kasus tersebut mencerminkan masalah trade-off yang dihadapi mahasiswa. Apabila membeli buku maka mahasiswa tersebut harus merelakan untuk tidak nonton film, yang berarti mahasiswa tersebut menukar kesempatan untuk nonton film dengan sebuah buku pegangan kuliah dan sebaliknya.

Demikian, sekilas penjelasan mengenai masalah trade-off yang dihadapi oleh seseorang maupun masyarakat atau negara. Semoga bisa memberikan pemahaman untuk para pembaca. :)

Referensi:
Mankiw, N. Gregory; Quah, E.; Wilson P. 2012. Pengantar Ekonomi Mikro: Edisi Asia. Jakarta: Salemba Empat.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment