Sunday, September 15, 2013

Tujuan Utama Lesson Study

By
Menurut Thobroni (2011: 319) tujuan utama Lesson  Study adalah sebagai berikut.

1. Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana proses pembelajaran. Pembelajaran dengan model Lesson  Study akan membimbing siswa tidak sekedar pada hasil kognitif tetapi juga afektif, sehingga anak lebih paham terhadap permasalahan yang dihadapi.

2. Memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari Lesson Study bisa dijadikan pedoman bagi guru-guru yang lain dalam meningkatkan proses pembelajaran. Dengan melihat kegiatan dalam proses pembelajaran seorang guru dapat melihat kelemahan maupun kelebihan dari guru model, sehingga bisa dijadikan acuan atau pedoman untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

3. Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. Pembelajaran secara kolaboratif akan menumbuhkan keaktifan dan kreatifitas siswa, karena siswa termotivasi, bekerjasama, dan saling membelajarkan.

4. Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Pengalaman mengajar yang tidak di miliki para observer bisa dijadikan pengalaman berharga untuk diterapkan di kelasnya masing-masing.

Dengan penguasaan konsep Lesson  Study akan menambah kepercayaan guru di satu sisi sebagai pengajar, pendidik, peneliti  yang mampu merubah pola pikir siswa dari yang pasif menjadi aktif. Lesson  Study memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir kritis, karena adanya keterbukaan untuk mengemukakan pendapat dan berargumentasi dengan temannya.

Sumber:
Basuki. 2013. Implementasi Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa SMA di Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Pascasarjana UNS.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment