Tuesday, August 20, 2013

Pembelajaran yang Efektif

By
Proses pembelajaran yang dikembangkan sekarang ini mengharuskan peserta didik terlibat secara aktif untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut, perlu ada pergeseran peran guru, dalam arti guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar.

Menurut Soetarno Joyoatmojo (2011: 48), untuk mengarahkan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik, guru berperan sebagai fasilitator, motivator, inspirator, dan evaluator dalam proses pembelajaran yang memungkinkan terjadinya keterlibatan aktif peserta didik dalam seluruh tahapan proses pembelajaran.

Sebagai fasilitator, guru menyusun skenario pembelajaran dan mengimplementasikannya dalam kegiatan nyata pembelajaran yang memberikan peran sentral pada peserta didik untuk terlibat secara aktif. Sebagai fasilitator, guru harus mempersiapkan diri untuk memiliki wawasan luas tentang lingkup kompetensi pembelajaran.

Sebagai inspirator, guru mampu menciptakan terobosan dalam memperoleh atau mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga mampu memberi inspirasi pada anak didiknya. Dengan demikian, dalam pembelajaran yang berfokus siswa (learner centered), guru menjadi pengarah (teacher directed) agar pembelajaran tidak menyimpang dari tujuan yang harapkan.

Pembelajaran yang Efektif

Disamping itu, untuk menyelenggarakan pembelajaran yang efektif, dibutuhkan guru profesional yang harus memiliki kemampuan untuk:
  1. Menguasai materi yang diampu 
  2. Menguasai bidang pendidikan terutama perancangan pembelajaran yang mencakup penetapan tujuan, pengembangan alat evaluasi, pemilihan metode, media dan materi pembelajaran dan mampu menumbuhkan motivasi peserta didik 
  3. Melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Facebook Twitter Google+

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment